BagiKata.com – Dengan kemajuan teknologi saat ini dan meningkatnya peran media sosial, para pengusaha lebih memilih menutup toko dan mengembangkan website atau platform-platform digital lainnya. Bahkan menurut FOX Business, saat ini Amerika sedang mengalami retail apocalypse dimana toko-toko mulai tutup dari toko-toko kecil hingga toko ternama seperti Abercrombie and Fitch dan American Apparel. Selain itu, Forbes menjelaskan di salah satu artikelnya yang berjudul ‘Why So Many Stores Are Closing Now’ bahwa tutupnya toko-toko saat ini juga dipengaruhi oleh perubahan selera dan kebutuhan dari generasi Baby Boomers dengan Millennials.

Kemudahan berbelanja online memberi keleluasaan untuk para konsumen berbelanja dimana saja dan kapan saja. Saat ini di Indonesia pun sedang menjamur situs-situs maupun aplikasi seperti Tokopedia, Blibli.com, Go-Jek dan lain-lain. Mulai dari pakaian hingga jasa belanja bulanan dapat dilakukan melalui media online. Selain itu situsnya pun juga beragam, dari yang terpercaya hingga me-too companies yang hanya mengikuti trend saat ini karena kemudahan membuat bisnis di dunia maya. Modal yang jauh lebih kecil daripada membuka toko dalam bentuk fisik, terkadang menimbulkan komitmen yang lebih rendah dalam menjalankan bisnis itu sendiri.

Dengan segala hal-hal positif baru yang ditawarkan oleh sistem berbelanja online, terkadang hal ini juga dapat menakutkan bagi beberapa yang tidak biasa melakukannya. Memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memastikan membeli suatu barang, inilah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak menyesali keputusanmu:

  1. Pastikan bahwa situs atau toko yang kamu pilih terpercaya dengan membaca ulasan-ulasan dari pelanggan sebelumnya.
  2. Apabila kamu ingin membeli pakaian, jangan lupa untuk memeriksa ukuran-ukurannya dengan detil. Biasanya situs yang baik menyediakan sizing chart yang cukup lengkap.
  3. Baca ulang data-data penting yang telah kamu tulis seperti nama, nomor telepon dan alamatmu. Jika kamu salah tulis maka kesalahan tersebut tidak bisa diperbaiki.
  1. Selain itu, jadilah smart shopper dengan mencari beberapa alternatif toko untuk mencari harga yang paling murah.
  2. Jika kamu membayar transaksi menggunakan ATM, jangan lupa untuk memastikan bahwa ATM tersebut tidak kehabisan kertas dan simpan struknya. Terkadang apabila kamu tidak memiliki bukti pembayaran, hal tersebut bisa menghambat pengalaman berbelanja anda.

Beberapa cara diatas dapat mengurangi ketakutanmu dalam berbelanja online. Selain mudah dan cepat, meningkatnya toko-toko online juga membuat usaha kecil lebih berkembang. Jadi, kalau kamu lebih suka berbelanja langsung atau online? Selamat mencoba!


Zena Aqilla adalah mahasiswi Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan dalam dunia musik, khususnya bernyanyi dan bermain ukulele. Saat ini Zena menyalurkan ketertarikannya melewati akun YouTube yang sudah ditekuni selama kurang lebih 2 tahun. Selain bermusik, Zena juga suka menonton film dan memasak.

Disunting oleh tim BagiKata.


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,