BagiKata.com – Siapa bilang  menjadi mahasiswa harus siap untuk terus menerus berkutat dengan buku tebal agar kariernya cemerlang nantinya? Sungguh ketahuilah tidak hanya itu yang kalian perlukan sebagai mahasiswa. Memang benar, untuk menjadi mahasiswa yang sukses, memiliki indeks prestasi yang tinggi, dan tamat tepat waktu harus dicapai dengan belajar yang giat.

Tetapi, tamat tepat waktu, indeks prestasi yang tinggi ternyata bukanlah hal segala-galanya saat kamu menapaki dunia karier nanti. Ada beberapa ilmu yang harus kamu asah bukan dari ruang kelasmu atau dosen yang menerangkan seputar materi perkuliahan saja.

Saat didunia kerja nanti, kamu akan berhadapan dengan banyak orang, banyak keinginan dan banyak karakter. Tidak hanya kamu yang menginginkan perkerjaan kantoran, perkerjaan bisnis atau wirausaha pun akan dihadapi berbagai tantangan – tantangan yang tidak diajarkan dibangku perkuliahan. Baik itu seperti menghadapi rekan kerja, atasan, rekan bisnis, klien, pelanggan, dan lainnya, terdapat beberapa cara tertentu agar kamu sukses dibidangnya.

So, jika bukan pintar di materi kuliah, apalagi sih yang harus dikuasai agar kamu bisa sukses di kerjaan atau karir? Berikut ini, beberapa ilmu yang harus kamu gali agar kamu lulus bukan sebagai sarjana yang memiliki indeks prestasi tinggi saja, tetapi menjadi sarjana yang mempunyai segudang soft skill dan siap menghadapi tantangan kerja nantinya.

  • Berorganisasi

Mengikuti kegiatan organisasi – organisasi kemahasiswaan membuat kamu memiliki lebih banyak relasi dan melatih kemampuan kamu untuk menyampaikan pendapat, dan menerima pendapat, serta cara berkomunikasi dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dunia karir mu nanti guys, di dunia kerja yang sebenarnya, ilmu akademik yang rumit tidak terlalu dikedepankan, kemampuan kamu berkomunikasi dan menyampaikan ide serta menerima usulanlah yang membuat kamu sukses di lingkungan kerja.

Didalam organisasi biasanya kamu dilibatkan dalam suatu acara atau event dan diberi tanggung jawab untuk tugas tertentu. Kegiatan tersebut akan melatih kamu memiliki tanggung jawab dan berkerja mensukseskan acara. Begitu juga saat berkarir, kamu akan diberi tanggung jawab tertentu hingga tugasmu tuntas dan tujuan kerja pun tercapai.

mahasiswi

  • Kemampuan Mandiri

Saat kuliah biasanya kamu dituntut untuk lebih mandiri, tidak seperti saat sekolah yang semuanya sudah diatur sedemikian rupa. Saat kuliah kamu dilatih mengatur jadwal kuliah dan memilih mata kuliah sendiri sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara kamu mengatur jadwal ini juga akan diterapkan saat kamu memasuki dunia kerja nanti. Atasan kamu tidak mungkin mengatur jadwal kamu secara rinci, kamu harus memiliki kemampuan mengatur diri sendiri dan me-manage waktu kamu agar perkerjaan yang menjadi tanggung jawab kamu dapat terselesaikan tepat waktu.

mahasiswa-tak-cukup-hanya-kuliah-kmpticwclm

  • Menerima Ke-Heterogen-an terhadap sesuatu hal

Ketika belajar di kampus mungkin kamu  berhadapan dengan teman yang memiliki budaya yang berbeda, sifat dan karakteristik yang berbeda. Perbedaan tersebut jangan pernah kamu hindari atau menjauhi teman – teman yang karakter dan budayanya berbeda dengan kamu, seharusnya perbedaan tersebut menjadi pembelajaran bagi kamu untuk membuka pikiran bahwa diluar sana banyak sekali karakter-karakter yang akan kamu temui, termasuk ketika kamu memasuki dunia kerja. Dengan menerima ke heterogenan tersebut kamu lebih memiliki rasa toleransi, saling mengerti dan ini akan membuat kamu lebih mudah membaur dalam lingkungan kerja nantinya.

maba-s1-2011

 

Foto: Keepo, Shutterstock


Ditulis dan Disunting Oleh Tim BagiKata

 


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,