BagiKata.com – Kapan terakhir kali kalian baca buku yang bukan buku pelajaran atau mata kuliah? Tadi malam, seminggu yang lalu, sebulan silam, atau jangan-jangan ketika masih sekolah? Sayang sekali, padahal buku kan jendela dunia. Ada banyak banget manfaat yang bisa kita gali dari kegiatan membaca, mulai dari menambah pengetahuan sampai mengasah kepekaan dan rasa empati kita. Banyak buku di luar buku pelajaran atau buku mata kuliah kalian, yang juga memiliki isi yang bisa membuat kepintaran kalian bertambah.

Nah, di artikel kali ini, kita bakal bahas satu-persatu buku lama yang masih relevan buat dibaca anak muda zaman sekarang. Mengapa kami pikir relevan? Karena isi-isi buku ini masih sangat layak dan berguna untuk dibaca oleh anak-anak muda masa kini yang mungkin lebih suka membaca buku-buku selebriti sosial media yang isinya terkadang tak membuat kita lebih pintar. Apa saja buku yang kami maksud? Ini dia:

  • Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer (1975)

Ada dari kalian yang pernah membaca buku legendaris ini? Atau minimal pernah denger nama penulisnya? Yup, Bumi Manusia adalah buku pertama dari Tetralogi Buru karangan salah satu penulis terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini, Pramoedya Ananta Toer. Buku ini ditulis ketika dirinya menjadi tahanan politik di Pulau Buru. Roman sejarah ini cocok banget dibaca kalian yang pengen belajar sejarah tapi ogah mengingat tanggal-tanggal. Walau berlatar jauh sebelum Indonesia meraih kemerdekaan, namun roman ini masih relevan dan sangat amat layak untuk kalian baca.

Nggak cuma sejarah, lho. Di buku ini ada juga kisah percintaan antara Minke dan Annelies yang sarat makna dan mengharukan, dan bisa jadi hiburan buat kalian yang suka buku-buku yang mengandur unsur-unsur romantisnya. Pokoknya keren dan wajib dibaca!

bumimanusia

  • Madilog – Tan Malaka (1946)

Mungkin nama Tan Malaka belum banyak dikenal anak-anak muda ini. Padahal, salah satu pria paling visioner di negeri ini, merupakan orang pertama yang menulis konsep Republik Indonesia dalam sebuah buku berjudul Naar de Republiek Indonesia tahun 1925. Nah, buku inilah yang menginspirasi Ir. Soekarno buat memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air.

Sayang dan ironis banget, ketika seorang yang berjasa seperti beliau malah ditembak mati oleh bangsa sendiri. Nggak cuma itu, nama beliau juga dimusnahkan dari sejarah bangsa Indonesia dan bukunya yang berjudul Madilog dilarang beredar selama puluhan tahun. Buku ini bakal ngajarin kita buat berpikir kritis, rasional, serta mempertimbangkan bukti sematang mungkin sebelum mutusin sesuatu. Buku ini boleh disebut sebagai buku filsafat yang didalamnya terdapat ilmu-ilmu, nilai-nilai kehidupan, dan pemikiran-pemikiran luar biasa dari seorang Tan Malaka yang bisa kalian serap dan pelajari.

Walau buku ini cukup atau bahkan sangat serius, namun bagi kalian anak muda, setelah menamatkan buku ini diyakini tingkat kekerenan dan wawasan kalian akan bertambah.

madilog

  • Catatan Seorang Demonstran – Soe Hok Gie (1983)

Siapa yang nggak kenal Soe Hok Gie? Sosok idealis dan berpegang teguh pada prinsip sampai ajal menjemputnya ini emang jadi legenda di kalangan mahasiswa dan kaum intelektual. Tak pelak banyak mahasiswa saat ini yang terkagum dan bercita-cita mampu mempunyai pikiran kritis dan keberanian seperti dirinya. Selain itu, sosok yang telah difilmkan dengan judul Gie itu juga merupakan salah satu orang yang menuntut mahasiswa untuk mampu turun ke jalan menyuarakan hak-hak masyarakat yang tertindas. Nah, buku berjudul Catatan Seorang Demonstran ini adalah kumpulan catatan harian Gie semasa hidupnya. Di bukunya, Gie banyak menyuarakan kritik tentang ketidakadilan oleh bangsanya sendiri. Satu kata: keren!

catatan-gie

  • Pride and Prejudice – Jane Austen (1813)

Nah, kalau yang terakhir ini termasuk buku impor. Novel ini berkisah tentang kisah cinta antara cowok dan cewek yang berbeda status sosialnya. Mengambil setting di Inggris pada abad kesembilan belas, novel dengan tokoh utama Mr.Darcy dan Elizabeth Bennet ini sukses menarik perhatian pencinta sastra dari masa ke masa.

pride

Nah, itu dia buku-buku lama yang masih relevan dibaca sampai sekarang. Di antara 4 buku itu, kamu udah pernah baca yang mana?

 

Foto: Kaskus, Twitter, Oliver Sacks


Ditulis dan Disunting Oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

BagiKata Telaah #2 : How To Craft Successful Branding

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah acara


BagiKata Telaah #1 : Basic Songwriting & Music Branding for Bedroom Musician

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu