BagiKata.com – Sebagai seorang mahasiswa, target kamu adalah untuk lulus atau wisuda. Lulus kuliah memang terdengar keren. Apalagi kalau kamu lulus lebih cepat dari standar waktu kelulusan normal -biasanya empat tahun untuk strata 1 (S1) dan tiga tahun untuk diploma (D3). Terlebih, dengan kuliah yang semakin mahal saja saat ini, segera memperoleh wisuda bisa jadi merupakan penghematan. Jika kamu kuliah dengan sponsor/beasiswa, batas waktu kelulusan yang ditetapkan oleh pihak penyandang dana pun membuatmu terdaftar sebagai peserta balapan lulus kuliah.

Namun, di balik semua itu, tahukah kamu macam-macam tipe mahasiswa yang balapan untuk lulus kuliah dengan cepat? Berikut inilah lima di antaranya. Salah satunya mungkin cocok dengan dirimu.

  1. Mahasiswa Encer

Mahasiswa encer adalah mahasiswa yang otaknya memang sudah diberkahi kepintaran yang luar biasa. Mahasiswa tipe ini menganggap ujian dan kuis terasa enteng-enteng saja. Terkadang, kecerdasan mahasiswa tipe ini pun membuat mahasiswa yang lain merasa keki. Bagi mahasiswa encer, wisuda lebih cepat dari waktu normal mahasiswa kebanyakan adalah hal yang sangat mudah untuk diraih.

mahasiswa

  1. Mahasiswa Kupu-Kupu

Mahasiswa tipe ini menyadari bahwa kapasitas otaknya nggak superior seperti mahasiswa encer. Dia harus belajar dengan ulet untuk bisa memahami beragam materi kuliah. Oleh karena itu, dia pun tidak mau membuang-buang waktu di luar waktu kuliah. Begitu jam perkuliahan selesai, mahasiswa kupu-kupu akan langsung pulang untuk belajar. Namanya juga mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang-kuliah-pulang.

Pedestrians make their way along a sidewalk on North Park Street at the University of Wisconsin-Madison on Oct. 1, 2010. (Photo by Bryce Richter / UW-Madison)

  1. Mahasiswa Bagi Waktu

Mahasiswa ini memahami bahwa masa kuliah bukanlah masa untuk mengumpulkan prestasi akademis semata. Baginya, masa kuliah merupakan kesempatan emas untuk mempelajari dan mengasah keahlian lain, yang berguna untuk hidupnya setelah lulus kuliah kelak. Jadilah, mahasiswa tipe ini mengikuti berbagai kegiatan. Dari organisasi kemahasiswaan, klub hobi, belajar mencari penghasilan sendiri, dan lain sebagainya. Namun mahasiswa tipe ini tetap mengedepankan urusan akademik demi mengejar waktu untuk bisa lulus lebih cepat. Organisasi, klub hobi, atau pekerjaan, hanyalah sambilan yang mereka lakukan untuk menghabiskan waktu lebih lama di kampus sembari belajar atau mengerjakan tugas bersama teman-teman.

  1. Peserta Kelompok Belajar

Otak tak terlalu encer, tetapi juga tidak betah jadi mahasiswa kupu-kupu. Materi perkuliahan masih sulit dicerna meski sudah berusaha sebaik mungkin membagi waktu. Akhirnya, curhat ke rekan sesama mahasiswa pun menjadi jalan keluar. Sayangnya, yang ditanya juga tidak lebih tahu dari yang bertanya. Akhirnya, sekelompok mahasiswa senasib dan sepenanggungan ini pun bergabung membentuk kelompok belajar. Pada praktiknya, mahasiswa tipe ini akan menggandeng – setidaknya – satu mahasiwa dari tipe-tipe mahasiswa sebelumnya. Untuk apa? Ya, untuk ngajarin mereka lah, biar pinter bareng, lulus juga bareng-bareng!

mahasiswi

  1. Mahasiswa yang Diberkati

Terkadang, mahasiswa tipe ini agak sulit dipahami. Bagaimana tidak, sepulang kuliah, sibuk organisasi atau klub hobi hingga nongkrong ke sana kemari. Malam pun sudah larut ketika mahasiswa tipe ini tiba di rumah/kamar kos. Badan yang capai dan penat membuatnya tertidur sampai pagi dan tidak sempat belajar lagi. Herannya, mahasiswa ini bisa memperoleh keberuntungan dengan sering mendapatkan nilai yang baik meski bukan tipe mahasiswa encer. Bisa jadi, keberhasilannya selama ini merupakan buah doa orang-orang yang menyayanginya atau hanya sebuah keberuntungan yang diberikan Tuhan demi mempermudah hidupnya. Benar-benar mahasiswa yang diberkati!

Ternyata, unik juga ya tipe-tipe mahasiswa yang berlomba mengejar kelulusan. Dengan usaha yang proporsional, baik secara fisik maupun rohani, wisuda universitas pun akan menanti. Kamu sendiri, termasuk tipe mahasiswa yang mana?

 

Foto: Okezone, Warnai


Ditulis dan Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,