BagiKata.com – Guys, liburan itu penting lho! Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa liburan berdampak baik untuk kondisi fisik dan psikis kamu, apalagi aktivitas kamu yang sering membuat pikiran menjadi stress. Tetapi sayangnya, banyak orang yang beranggapan, untuk liburan diperlukan anggaran yang besar hingga menguras kantong agar liburan tersebut lebih mengasyikan.

Namun jangan salah sangka. Liburan memang membutuhkan anggaran, tetapi tidak serta merta anggaranya harus besar dan membuat kamu merogoh kocek sangat dalam, bahkan sampai harus membobol tabungan atau membuatmu tak jajan selama satu tahun penuh.

Buat para traveller, sebenarnya liburan itu tidak mutlak hanya soal destinasi, menginap di hotel mewah dan memanfaatkan fasilitas mewah, tetapi juga soal momen yang bisa kamu kenang baik bersama keluarga, kerabat, teman atau pasangan. Nah, bagaimana membuat momen liburan kamu berkesan namun tetap hemat? Berikut tips dari BagiKata yang bisa kamu coba.

  • Tentukan Tujuan dan Berburu Tiket Promo

Hal pertama yang kamu lakukan adalah menentukan liburan seperti apa yang kamu inginkan, misalnya daerah pantai, kota tertentu, daerah pegunungan, negara tertentu, hingga didapatkan tujuan atau negara tertentu. Nah, untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa berburu tiket promo. Carilah informasi di situs tertentu mengenai tiket promo untuk tujuan kamu, dan tandai rentang tanggal promo tersebut sebagai jadwal keberangkatan liburan kamu. Dengan cara tersebut kamu lebih memangkas biaya transportasi untuk liburan menggunakan apa saja, baik pesawat maupun kereta api. Lumayan kan jika promo-nya lebih dari 50%!

plane

  • Mencari Tahu Penginapan yang Murah

Jika kamu ingin lebih berhemat untuk liburan, pilihlah penginapan yang layak dan murah. Karena apa? penginapan ini biasanya dimanfaatkan hanya untuk tidur dan mandi saja, maka akan rugi jika kamu menyewa hotel berbintang hanya untuk melakukan kegiatan tersebut. Kamu bisa menyewa guest house atau hostel dan sharing dengan teman atau keluarga agar memangkas biaya penginapan. Sebaiknya kamu bawa perlengkapan mandi sendiri ya guys, karena hostel atau guest house biasanya tidak menyediakan perlengkapan mandi seperti hotel berbintang.

city-centre-budget-hotel-2

  • Membuat Itinerary

Nah, membuat itinerary atau perencanaan yang matang juga dapat menghindari dari pengeluaran – pengeluaran yang tidak penting. Kamu tentu tidak ingin liburan kamu menjadi tidak jelas karena rute perjanan yang tidak terarah. Perjalanan yang tidak terarah justru akan membuat biaya transportasi menjadi lebih tinggi dan membuang – buang waktu liburan.

hub-interest-travel-tips-jpg-rend-tccom-616-462

  • Mencari Tempat Makan

Tempat makan di daerah sekitaran tempat wisata biasanya menjual menu dengan harga jual yang lebih tinggi dari pada tempat lain. Untuk menghemat budget sebaiknya, pilihlah restoran atau tempat makan di luar area wisata, biasanya harga makanan yang dijual masih normal dan masuk akal.

prasmanan-ceu-mar-kuliner-bandung-murah

  • Tekan Biaya Shoppping atau Oleh – oleh

Saat liburan biasanya kita tergiur untuk membeli barang-barang tertentu baik untuk diri sendiri atau oleh-oleh. Kamu harus memperhitungkan budget belanja ini sedari awal. Jika memang budget oleh – oleh atau belanja sudah kamu alokasikan, boleh-boleh saja membelikan buah tangan atau belanja. Tetapi ingat, untuk menghemat liburan, biaya belanja harus dikontrol dan jangan sampai kebablasan!

malioboro2

 

Foto: Guardian, Travel Channel, Visit Norway


Ditulis dan Disunting Oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Ulasan : Marvel’s Avengers: Infinity War

BagiKata.com – EPIC. Hentikan apapun yang kalian lakukan dan pergi ke bioskop terdekat di sekitar kalian. Ada 1 post-credit scene yang


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.