BagiKata.com – Seiring semakin banyaknya penyedia beasiswa dan pemuda Indonesia yang berangkat kuliah ke luar negeri, pertanyaan “Apa aja sih yang harus disiapkan kalau pindah ke luar negeri?” pun semakin sering ditanyakan. Tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan, mulai dari obat-obat pribadi hingga baju renang untuk musim panas nanti. Tetapi tentu ada beberapa hal yang jauh lebih penting dari baju renang yang harus kamu siapkan. Berikut beberapa hal yang saya lakukan dan sudah alami sebelumnya yang mungkin bisa membantumu.

1. Persiapkan Mental Kamu

Mungkin ini hal yang klise dan kita sering kali tidak tahu cara untuk mempersiapkan diri secara mental itu harus bagaimana, tapi ini tetap merupakan elemen yang paling penting untuk kamu siapkan. Kamu akan jauh dari orang tua dan teman-teman yang selama ini kamu bisa panggil jika ada apa-apa. Kamu juga tidak memiliki hal-hal yang kamu bisa dapatkan di Indonesia seperti alat transportasi pribadi.

image

Kamu akan merasa takut, dan tidak jarang kamu tidak tahu harus bertanya kepada siapa, apalagi kalau kamu pindah ke negara yang tidak berbahasa Inggris sehari-harinya. Belum lagi kamu harus beradaptasi untuk hidup serba sendiri setelah sebelumnya terbiasa ada keluarga atau teman. Jadi, menyiapkan mental kamu untuk terbuka terhadap perasaan-perasaan menakutkan seperti ini penting sekali untuk kamu lakukan sebelum berangkat.

2. Smartphone kamu adalah sang penyelamat

Sebagai seorang milenial, mungkin bukan hal yang sulit bagi kamu untuk mendekap smartphone kamu. Tapi apakah kamu bisa menggunakan handphone kamu dengan maksimal saat kamu berpindah ke luar negeri? Pertama yang harus kamu lakukan saat tiba di tujuan adalah membeli SIM card lokal.

Kamu bisa menemukan gerai provider di semua bandara dan juga supermarket pada umumnya dengan harga dan pilihan layanan yang beragam. Saat berada di tempat yang asing, mempunyai smartphone dan koneksi adalah hal yang penting, karena kamu membutuhkan hal itu untuk berkomunikasi. Selain untuk mengabari kerabat dekat kamu, kamu juga membutuhkannya untuk berbagai keadaan darurat.

Selain itu, pastikan kamu juga mempunyai data internet untuk menggunakan aplikasi seperti: Google Maps. Pada aplikasi Google Maps, kamu bisa melihat daftar transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk sampai di tujuan yang kamu inginkan.

Caranya mudah; kamu hanya perlu mengisi nama jalan atau tempat tujuan kamu kemudian kamu lihat logo bus di pilihan rute perjalanan kamu, dan voila kamu disuguhi oleh alternatif transportasi yang bisa kamu gunakan. Selain itu, untuk kamu yang pergi ke luar negeri untuk belajar, kamu juga butuh memiliki kontak Kedutaan atau Konsulat Jendral Republik Indonesia di negara atau kota kamu untuk melaporkan diri dan untuk dihubungi saat situasi darurat.

3. Bersiap untuk banyak bertanya – dengan tepat

Bagi beberapa orang, sangat sulit untuk mulai terbiasa bertanya kepada orang asing di jalan saat tersesat. Selain itu juga sebenarnya di beberapa daerah, tidak disarankan untuk kamu bertanya dengan sembarangan dan terlihat bahwa kamu sedang tersesat. Jadi, apa yang harus kamu lakukan jika kamu tersesat dan tidak ada pilihan selain bertanya kepada orang asing di sekitar kamu? Untuk keamanan yang lebih terjamin, pastikan kamu mengarah ke tempat keramaian, biasanya kalau itu sudah di jam-jam sepi atau mungkin di sisi kota yang kurang aman, cari sebuah supermarket atau convenient store untuk kamu bertanya dengan kasirnya.

Minimal, dengan kamu berada di tempat umum, kamu tidak akan menjadi target kejahatan. Maka dari itu, pastikan kamu selalu berada di tempat yang ramai jika tidak yakin tentang arah kamu, dan jangan bertanya kepada orang sembarang, selalu lebih baik kamu masuk ke sebuah toko dan bertanya disana.

Inilah beberapa hal yang sudah saya laksanakan dan bisa kamu coba saat akan berpindah ke luar negeri untuk pertama kalinya. Selebihnya saya yakin kamu akan belajar dengan sangat cepat. Selamat menempuh hidup (di tempat) baru!


Sismita Sasmita

Disunting oleh tim Bagikata


YANG TERBARU

Ulasan : Marvel’s Avengers: Infinity War

BagiKata.com – EPIC. Hentikan apapun yang kalian lakukan dan pergi ke bioskop terdekat di sekitar kalian. Ada 1 post-credit scene yang


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.