“Sungguh orang yang mau bertanya tidak akan tersesat di jalan.”

BagiKata selalu berusaha untuk meningkatkan layanan serta kualitas informasi yang diberikan kepada semua user kami. Salah satu program yang dilaksanakan secara rutin untuk memastikan hal ini adalah Open Recruitment Handlers, yang mana tim BagiKata mencari talenta-talenta di luar sana yang sekiranya dapat melakukan kontribusi melalui platform BagiKata. Namun, banyak pertanyaan yang sering dilontarkan oleh kandidat Handlers yang mungkin menciptakan kebingungan antara teman-teman yang bersemangat untuk bergabung. Maka dari itu, berikut adalah jawaban dari pertanyaan mengenai Open Recruitment Handlers BagiKata yang sering ditemui oleh tim BagiKata. 

1. Apa itu Handler dan apa saja tanggung jawab seorang Handler?

Handler adalah sebutan tim BagiKata terhadap peran teman-teman yang setiap harinya berdiskusi dengan user. Seorang handler bertanggung jawab untuk memastikan bahwa diskusi dengan user lancar, sesuai dengan apa yang dicari, dan memberikan informasi yang berkualitas kepada user. Handler kita juga bertanggung jawab untuk memastikan terhadap edukasi user mengenai diskusi yang dijalani untuk memastikan bahwa kedepannya user kita bisa lebih handal dalam hal-hal tertentu.

2. Apakah ada syarat & ketentuan yang harus diketahui untuk menjadi seorang Handler?

Tentu ada beberapa syarat & ketentuan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang Handler. Beberapa kriteria penentu yang sangat penting adalah, harus berumur di atas 18 tahun atau sedang menjalani tingkat pendidikan sarjana atau perkuliahan yang setara dan sehat secara fisik dan mental. Kenapa kesehatan fisik dan mental itu penting? Karena menjadi seorang Handler berarti kalian akan bertemu dengan banyak orang yang mungkin sulit dihadapi bagi kandidat dan kesehatan berperan penting untuk tanggapan yang akan diberikan Handler kepada masing-masing user.

3. Apakah ada rentan waktu tertentu untuk menjadi Handler?

Sifat peran Handler di BagiKata adalah sukarelawan. Maka dari itu, pada dasarnya tidak ada pemaksaan terhadap masa kerjasama dengan tim BagiKata. Namun, untuk mempermudah tim BagiKata dalam memastikan bahwa sumber daya manusianya teratur, maka ada pilihan untuk mengikuti masa kerjasama tertentu yang ditentukan sendiri oleh setiap Handler dan disepakati bersama dengan tim.

4. Apa saja yang harus dilalui oleh kandidat Handler saat Open Recruitment?

Tim BagiKata membuka pendaftaran menjadi Handler selama minimum 2 minggu sejak pengumuman keluar. Dalam kasus tertentu, tim BagiKata dapat memperpanjang durasi Open Recruitment, maka dari itu sangat penting untuk kalian follow akun media sosial BagiKata untuk pengumuman penting seperti hal ini.

Setelah pendaftaran ditutup, tim BagiKata akan memilih kandidat yang sekiranya sesuai dengan kriteria dan memiliki kemampuan yang memadai berdasarkan informasi di CV dan cover letter yang kalian kirimkan (lihat artikel ini untuk bocoran mengenai menulis CV dan cover letter yang baik dan benar). Semua jenis kemampuan dan latar belakang sangat disambut oleh tim BagiKata. Semakin spesifik bidang yang kalian tekuni, semakin besar kesempatan tim BagiKata untuk memajukan kalian ke tahap berikutnya.

Tahap berikutnya adalah tahapan wawancara. Di tahap ini, tim BagiKata yang bersangkutan akan melaksanakan wawancara dengan kandidat Handler mengenai kemampuan dasar, latar belakang dan hal-hal lain yang berhubungan dengan aktivitas handling nantinya. Selain itu, tim BagiKata juga akan menjelaskan secara detil mengenai sistem kerja tim Handler yang penting untuk diketahui oleh kandidat.

Tahap terakhir sebelum kandidat diterima adalah untuk melaksanakan simulasi menjadi Handler. Karena menjadi Handler tidak semudah yang terlihat, tim BagiKata perlu menilai apakah kandidat memiliki kemampuan dasar untuk menghadapi berbagai macam situasi handling yang relevan terhadap latar belakang setiap kandidat.

Setelah itu, jika semua lancar dan kandidat mendapatkan evaluasi yang bagus atau lebih dari bagus dari tim BagiKata, maka tim akan mengumumkan kandidat yang terpilih untuk bergabung dengan tim kami. Dan ingat, semua komunikasi dengan tim BagiKata akan dilaksanakan via email. Jadi pastikan email kalian aktif & dipantau setiap saat proses Open Recruitment berjalan ya!

Selain itu, tim BagiKata sangat terbuka terhadap segala jenis kandidat, untuk membantu user kami yang membutuhkan informasi maupun diskusi lebih lanjut mengenai banyak hal setiap harinya. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai proses Open Recruitment kami ataupun mengenai BagiKata secara umum, silakan diskusi langsung dengan tim kami via media sosial kami di @bagikatahub (Twitter, Instagram, Facebook) atau akun Line@ kami di @bagikatahub (gunakan ‘@’ saat menambahkan teman). Selamat mendaftar dan sampai bertemu di BagiKata!


YANG TERBARU

BagiKata Telaah #2 : How To Craft Successful Branding

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah acara


BagiKata Telaah #1 : Basic Songwriting & Music Branding for Bedroom Musician

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu