BagiKata.com – Belum sempat nonton Tidying Up with Marie Kondo di Netflix? Bila kamu sedang menantikan perubahan positif dalam hidupmu, series Netflix ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantumu memulai perubahan itu! Teknik ajaran Marie Kondo atau singkatnya kerap disebut sebagai KonMari dalam memilih barang yang perlu kamu simpan atau relakan, dapat membuat personal space-mu menjadi lebih lega. Mulailah dengan barang-barang yang relatif paling banyak kita miliki seperti baju, sepatu, dan aksesoris kemudian lanjutkan dengan barang-barang lain yang tersebar di penjuru rumah.

dolls beside wagon wheel

Sebuah tempat tinggal yang sudah terlalu banyak menimbun barang pasti tidak nyaman untuk ditempati. Menurut sebuah artikel berjudul ‘The Unbearable Heaviness of Clutter’ dari New York Times, peribahasa “cluttered house, cluttered mind” dapat dibuktikan secara psikologis. Keadaan sekeliling kita pun mempengaruhi cara otak kita bekerja. Jika kamu terbangun di sebuah tempat yang relatif berantakan dan membuatmu stress, maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi bagaimana harimu akan berjalan. Mau kan bangun tidur tidak harus pusing melihat barang-barang yang berserakan? Inilah beberapa rekomendasi tempat-tempat penyaluran barang bekas agar barang-barang di rumahmu bisa menjadi lebih bermanfaat.

Image result for waste4change

Organisasi Waste4Change merupakan organisasi yang fokus dalam mendaur ulang sampah-sampah. Organisasi ini memberikan banyak kemudahan dengan adanya sistem delivery, dropbox, maupun personal waste management. Tidak hanya sampah yang ada di dalam tempat sampah saja, tetapi juga barang-barang tidak terpakai yang sekiranya dapat menjadi lebih bermanfaat. Mulai dari binder-binder sekolah, tumpukkan kertas skripsi, hingga barang-barang elektronik out of date dapat kamu berikan kepada Waste4Change.

 

Sumbang.in

Selain menerima donasi berbentuk uang, KitaBisa juga memiliki program Sumbangin yang menerima sumbangan berbagai jenis buku, baju, tas hingga barang elektronik. Hasil yang terkumpul dari barang-barang sumbangan ini pun akan didonasikan.

 

Image result for 1000mata

Buat kamu pengguna kacamata sejak kecil atau sekedar hobi gonta-ganti kacamata, kamu bisa lho donasikan frame kacamata lamamu untuk teman-teman kita yang lebih membutuhkan di luar sana. Kamu bisa mengirimkan kacamatamu ke Jl. Rasamala No. 8B Jatipulo, Jakarta Barat.

 

Image result for sadari sedari

Organisasi Sadari Sedari merupakan sebuah organisasi yang memfokuskan tujuannya terhadap pendidikan serta lingkungan. Sadari Sedari menerima pakaian-pakaian layak pakai untuk kembali diperjual belikan dan keuntungannya ditujukan kepada anak-anak panti asuhan di Bandung untuk memberikan pendidikan-pendidikan yang tidak biasa didapat di sekolah.

 

maxresdefaultTempat donasi buku satu ini sudah cukup terkenal di media sosial Instagram karena ilustrasi yang diberikan oleh Lemari Buku Buku (LBB) kepada para donatur. Setiap buku-buku yang kamu donasikan ke LBB, para relawan LBB akan memberikan ilustrasi wajahmu sebagai ucapan terimakasih. Sesuatu yang berbeda, kan?

Jika kamu masih belum rela untuk memberikan barang milikmu secara cuma-cuma, kamu juga bisa menjualnya di beberapa situs online yang memperjual belikan barang bekas seperti Carousel, OLX, Bukalapak, dan Prelo. Cara menggunakan situs-situs ini pun relatif mudah dipahami dan mereka memiliki panduan yang cukup lengkap untuk menggunakan situsnya apabila kamu kebingungan.

Dengan beberapa rekomendasi tempat penyaluran barang-barang bekas ini, kamu dapat dengan mudah merelakan barang-barangmu dan menyediakan tempat untuk hal-hal baru yang lebih baik datang dalam hidupmu. Sayangilah tempat tinggalmu demi kesehatan jiwa yang lebih baik karena tempat tinggalmu adalah cerminan dari pikiranmu. Maka dari itu, jangan biarkan tempat tinggalmu terlalu berantakan ya!


Zena Aqilla telah memiliki ketertarikan dalam dunia tulis-menulis sejak ia berusia 11 tahun. Di waktu luangnya, ia suka menulis sebagai kontributor yang mengangkat topik-topik seputar pop culture dan kesadaran lingkungan. Selain itu, Zena juga suka menyalurkan hobi menyanyi dan bermain musik melalui akun Youtube yang sudah ia tekuni selama kurang lebih 4 tahun.


YANG TERBARU

Ingin Mendonasikan Barang Yang Sudah Tak Terpakai? Kesini Saja!

BagiKata.com – Belum sempat nonton Tidying Up with Marie Kondo di Netflix? Bila kamu sedang menantikan perubahan positif dalam hidupmu, series Netflix


Laki-Laki Dalam Feminisme

BagiKata.com – Sedari dulu kita sudah terbiasa dengan anggapan, asumsi, atau peraturan kasat mata yang membedakan perempuan dan laki-laki. Perbedaan tersebut


Kamu Sudah Sampai Di Mana, Kesetaraan Gender?

www.bagikata.com – Kalau bicara tentang feminisme, sebenarnya peraturan dan hukum yang berlaku di negara demokrasi ini sudah menyetarakan hak laki-laki dan