BagiKata.com – Menurut salah satu artikel Odyssey Online, kebanyakan mahasiswa menghabiskan waktunya melakukan hal-hal yang kurang produktif. Mulai dari makan, menghambur-hamburkan uang, nongkrong hingga mengeluh tentang berbagai hal. Apalagi semenjak adanya internet, waktu yang tersita untuk membuka media sosial dan binge-watching acara-acara tv tentunya sangat banyak. Kalau tidak sedang berselancar di dunia maya, kebanyakan mahasiswa pun menghabiskan waktunya untuk tidur.

Daripada membuang waktu melakukan hal-hal yang kurang produktif, carilah aktivitas-aktivitas baru untuk dilakukan. Suntuk dengan lingkungan dan aktivitas-aktivitas kampus? Atau ingin menambahkan pengalaman-pengalaman maupun kemampuan baru dalam Curriculum Vitae (CV)-mu tapi bingung karena masih kuliah? Ternyata banyak loh kegiatan yang dapat kamu lakukan selain mengikuti kepanitiaan di kampus dan juga menghasilkan.  Ini dia beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan:

 

  • Belajar bahasa asing

 

Jadwal kuliah yang biasanya tidak begitu padat, memberikan waktu luang untuk memulai sesuatu yang baru. Menambahkan kemampuan berbahasa asing baik dari bahasa Mandarin, Prancis hingga Spanyol tentunya akan membuat CV-mu semakin menarik untuk persaingan di dunia kerja nanti. Di dunia serba digital ini, belajar bahasa asing juga nggak harus melalui kursus. Banyak aplikasi-aplikasi seperti Duolingo atau Memrise yang bisa kamu gunakan dengan gadget-mu untuk menambah pengetahuanmu dalam berbahasa asing!

 

  • Eksplor pekerjaan freelance

 

Saat ini, bekerja tidak harus lagi nine-to-five duduk di kantor seharian. Banyak opsi lain seperti bekerja freelance yang tentu saja dapat dilakukan oleh mahasiswa. Eksplor kesempatan-kesempatan yang ada dan ambil yang menurutmu pas dengan ketertarikan maupun jurusanmu. Mencari pekerjaan freelance nggak susah kok, bisa dimulai dari tanya-tanya teman hingga membuka website lowongan kerja.

 

  • Memperdalam hobi

 

Kegiatan yang satu ini, bukan hanya dapat menyegarkan pikiran dari penatnya mata kuliah kampus tetapi juga dapat menambahkan kemampuanmu. Tentu saja dengan mendalami apa yang kamu suka, kamu akan lebih bersemangat. Siapa tahu membuka pintu kesempatan untuk bekerja dibidang yang benar-benar kamu sukai? Ikuti kelas menarik seperti Kroma Klass yang sering diadakan oleh @kroma.id atau workshop unik dari @Indoestri. Selain menambah teman, tentu mengembangkan bakatmu.

 

  • Menjadi relawan

 

Sekali-sekali mencoba hal baru juga dapat membuka cara pandang dan berpikirmu, serta memperluas wawasan. Jadi tidak ada salahnya untuk sekali-sekali mencoba volunteer work untuk mengisi waktu luang. Bisa dimulai dari kegiatan-kegiatan sukarelawan yang bekerjasama dengan universitasmu, ataupun melalui website-website volunteer seperti http://volunteeralliance.org.

Beberapa aktivitas diatas hanyalah sedikit contoh dari hal-hal yang dapat kamu lakukan di luar kampus sebagai seorang mahasiswa. Selain bermanfaat, juga dapat membantu diri sendiri di masa depan dan orang lain. Kalau kata Sean Patrick Flanery, “Do something today, that your future self will thank you for”.


Zena Aqilla adalah mahasiswi Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan dalam dunia musik, khususnya bernyanyi dan bermain ukulele. Saat ini Zena menyalurkan ketertarikannya melewati akun YouTube yang sudah ditekuni selama kurang lebih 2 tahun. Selain bermusik, Zena juga suka menonton film dan memasak.

Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 22

www.bagikata.com – Dalam jangka waktu satu tahun, salah satu negara yang menjadi kiblat dunia dalam kebudayaan barat berhasil mengganti presiden kulit