BagiKata.com – Saat ini inovasi berbagai macam hidangan telur asin sedang heboh-hebohnya di dunia kuliner Indonesia. Trend ini dimulai dengan Irvins Salted Egg Potato Chips asal Singapura yang kemudian membanjiri online shop di Indonesia hingga berbagai toko-toko ricebox yang menjual Salted Egg Chicken Rice. Sebelum fenomena salted egg terjadi, apakah memang banyak penggemar telur asin? Sepertinya di jaman instastory ini belum gaul kalau belum update makan siang Eatlah yang tentu saja dipesan melalui Go-Food dari kantor maupun dari rumah masing-masing.

IMG_7653

Salah satu menu terbaru dari Shihlin yang menggunakan telur asin sebagai perasa.

Ibu-ibu mungkin heran kenapa anak-anak yang dulu susah dan tidak mau disuruh makan telur asin, sekarang malah ketagihan. Di Indonesia sendiri telur asin bukanlah makanan yang asing, biasanya ditemukan sebagai pelengkap ketika menyantap dengan rawon dan nasi panas. Namun, saat ini sudah banyak sekali variasi-variasi hidangan telur asin yang disesuaikan dengan lidah kids jaman now  yang lebih universal.

Sebelum sakaw telur asin, kenali dulu apa saja sih manfaat dan bahaya-bahaya dari telur asin. Mari kita mulai dari yang baik-baiknya supaya nggak stress duluan setelah minggu ini menyantap Eatlah tiga kali. Telur asin memiliki zat kalsium yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis, anemia, dan baik bagi ibu hamil maupun wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk mengurangi kram perut yang biasanya dirasakan. Selain itu untuk para gym rats, telur asin juga tinggi akan protein yang dapat membantu menguatkan otot. Nah, efek negatif yang dikandung oleh telur asin antara lain mengandung kadar sodium yang tinggi. Satu butir telur asin sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan sodium manusia setiap harinya (kurang lebih 2000mg), sedangkan seringkali dalam masakan telur asin tersebut tidak diketahui berapa jumlah telur asin yang digunakan dalam setiap sajian. Telur asin juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi, jadi bagi kalian-kalian yang penggemar seafood, kambing, dan otak sapi sebaiknya hati-hati dan dianjurkan untuk menjaga makanan lain saat anda menyantap telur asin.

Setelah mengetahui manfaat dan bahaya telur asin, ada baiknya untuk menjaga porsi telur asin yang anda konsumsi dalam seminggu. Selain itu, fenomena salted egg ini hanyalah sebuah trend yang tentu saja datang dan pergi.

Masih ingat fenomena green tea?


Zena Aqilla adalah mahasiswi Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan dalam dunia musik, khususnya bernyanyi dan bermain ukulele. Saat ini Zena menyalurkan ketertarikannya melewati akun YouTube yang sudah ditekuni selama kurang lebih 2 tahun. Selain bermusik, Zena juga suka menonton film dan memasak.

Disunting oleh tim BagiKata.


YANG TERBARU

Ingin Mendonasikan Barang Yang Sudah Tak Terpakai? Kesini Saja!

BagiKata.com – Belum sempat nonton Tidying Up with Marie Kondo di Netflix? Bila kamu sedang menantikan perubahan positif dalam hidupmu, series Netflix


Laki-Laki Dalam Feminisme

BagiKata.com – Sedari dulu kita sudah terbiasa dengan anggapan, asumsi, atau peraturan kasat mata yang membedakan perempuan dan laki-laki. Perbedaan tersebut


Kamu Sudah Sampai Di Mana, Kesetaraan Gender?

www.bagikata.com – Kalau bicara tentang feminisme, sebenarnya peraturan dan hukum yang berlaku di negara demokrasi ini sudah menyetarakan hak laki-laki dan