BagiKata.com – Akhir pekan begini adalah waktu yang paling pas untuk liburan. Tapi bagaimana kalau keuangan kurang mendukung rencana kita untuk melancong ke tempat-tempat yang jauh? Gampang… Staycation aja! Nah, buat yang belum tahu, staycation merupakan akronim dari kata stay, yang artinya tinggal, dan vacation, yang berarti liburan. Jadi, staycation artinya liburan, tapi tetap berada di sekitar rumah.

Lalu, kenapa sih kita butuh staycation? Aktivitas dan seabrek pekerjaan yang nggak kenal kompromi jelas membuat pikiran kita stres dan tubuh terasa lelah. Karenanya, kita perlu rehat sejenak dan membebaskan pikiran dari kepenatan rutinitas. Salah satu caranya adalah dengan berlibur. Nah, buat kamu yang nggak punya banyak waktu, staycation adalah solusinya.

  • Melepas Stres dan Penat dengan Staycation

Sering merasa jenuh akhir-akhir ini? Bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja? Coba ingat-ingat kembali, kapan sih terakhir kali kamu berlibur? Enam bulan yang lalu? Atau bahkan setahun yang lalu? Kalau jawabannya iya, itu artinya kamu darurat liburan. Dengan berlibur, otak dan tubuh akan kembali segar, aktivitas pun bakal dilakoni dengan penuh semangat.

  • Staycation untuk Memanjakan Diri

Kalau tubuh udah ngasih “gejala-gejala alam”, seperti gampang capek, mudah bosan, lesu, dan semacamnya, itu artinya kita perlu jeda sejenak dari rutinitas. Ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk mengembalikan mood yang hilang itu. Salah satunya adalah dengan memanjakan diri.

Memanjakan diri bisa dilakukan dengan bermacam cara, mulai dari berlibur, berenang, membaca, berbaring di kasur, bermalas-malasan, memasak, berkebun, atau melakukan apapun yang menjadi hobi atau kesenangan kita. Paling penting, kamu bisa keluar dari rutinitas yang membosankan.

  • Staycation Tetap Bisa Melibatkan Keluarga

Buat kamu yang pengin menghabiskan waktu liburan bareng keluarga, staycation bisa menjadi pilihan yang sangat pas lho. Meskipun hanya berdiam di rumah, kamu tetap bisa menciptakan suasana hangat bersama orang-orang terkasih. Beberapa hal yang perlu diingat ketika memutuskan untuk staycation bersama keluarga adalah:

  1. Tinggalkan sejenak smartphone dan gadget-mu.
  2. Jangan ngecek e-mail atau apa pun yang ada hubungannya dengan pekerjaan. Ingat, kamu lagi liburan.
  3. Nggak perlu mikirin deadline atau pekerjaan ini itu.
  4. Tinggalkan pekerjaan apapun. Fokuskan waktu khusus buat keluarga.

Ingat, meskipun dilakukan di rumah, staycation tetap saja liburan. Namanya liburan, udah jelas dong tujuannya untuk melepas penat? Karena itulah kita harus bertindak seolah-olah kita memang lagi berlibur di suatu tempat, tanpa diganggu dengan seabrek kewajiban dan rutinitas.

Jadi, kapan kamu mau ambil cuti buat staycation?


Rinto Simatupang

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 22

www.bagikata.com – Dalam jangka waktu satu tahun, salah satu negara yang menjadi kiblat dunia dalam kebudayaan barat berhasil mengganti presiden kulit