BagiKata.com – Sebagian orang memiliki banyak alasan untuk tidak menabung. Salah satu di antaranya adalah karena gaji atau pemasukan yang diterima tidak terlalu besar, sementara pengeluaran banyak. Apalagi bagi seorang fresh graduate, gaji yang diterima biasanya tidak jauh-jauh dari batas UMR. Nah, bagaimana menyiasati supaya dengan gaji standar fresh graduate kita tetap bisa menabung? Berikut beberapa tips menabung yang bisa dipraktikkan.

Sisihkan, Bukan Sisakan

Prinsip “menyisihkan” sesuatu dari yang sudah tersedia berbeda jauh dengan “menyisakan”. Menyisihkan artinya kita telah memiliki perencanaan yang jelas sebelumnya dan wajib dieksekusi tepat pada saat menerima gaji. Teknisnya bisa berbeda-beda. Ada yang melakukannya secara manual, yaitu menyetorkan langsung ke bank tempat menabung. Namun, ada pula cara yang lebih praktis, yaitu dengan memanfaatkan sistem autodebet dari bank. Bank tersebut yang akan melakukan pemotongan langsung dari rekening setiap bulan.

Inti dari poin ini adalah kedisiplinan dalam menabung. Jumlahnya tidak harus besar, yang penting konsisten dan berkelanjutan. Percayalah, tanpa kita sadari, dalam beberapa tahun ke depan, uang yang terkumpul lumayan besar.

Kontrol Keinginan, Penuhi Kebutuhan

Kita semua tahu bahwa keinginan yang tidak bisa dikontrol kerap menjadi awal mula ludesnya uang di tabungan. Keinginan berbeda dengan kebutuhan. Keinginan adalah sesuatu yang tidak atau belum dibutuhkan pada saat ini, sehingga bisa ditunda pembeliannya. Jika ingin berhasil menabung, jangan mudah tergiur oleh hal-hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

Sebaliknya, meskipun niat menabung sangat besar, tetap penuhilah kebutuhan-kebutuhan utama. Misalnya, kebutuhan untuk makan. Jangan sampai hanya karena ingin berhemat, kita mengurangi porsi makan sehingga akhirnya justru jatuh sakit. Bukannya bisa menabung, pengeluaran malah akan semakin banyak.

Lakukan Pengelolaan Keuangan yang Benar

Tips menabung selanjutnya adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan benar dan sesuai dengan diri kita. Bagilah gaji yang diterima dalam pos-pos kebutuhan dengan takaran yang tepat. Jangan terlalu mepet, jangan pula terlalu boros. Inti dari poin ini adalah pembagian yang ideal dan masuk akal sehingga tidak memicu kita untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

Eksekusi

Segala rencana menabung akan gagal jika pada akhirnya kita tidak bisa mengeksekusinya dengan baik. Selama sebulan, kita ditantang untuk mencukupkan diri dengan uang yang sudah dikurangi oleh pos tabungan. Jalankan rencana pengeluaran harian maupun mingguan dengan disiplin dan jangan tergoda untuk melenceng. Jika tidak, akibatnya bisa berujung pada pembobolan tabungan demi memenuhi kebutuhan yang tak kunjung habis tersebut.

Bagi seorang fresh graduate yang baru saja bekerja, selain gaji yang pas-pasan, ada banyak hal yang patut diwaspadai. Misalnya, ajakan teman untuk melakukan aktivitas yang menguras kantong padahal tidak terlalu diperlukan. Euforia karena telah mampu menghasilkan uang sendiri biasanya terlihat dari tindakan menghambur-hamburkan uang. Supaya terhindar dari tindakan merugikan diri sendiri, jangan lupa mempraktikkan tips menabung ini.

Jangan ragu juga untuk sapa kontributor BagiKata lewat layanan 1-on-1 chat kami untuk berbagai tips mengelola keuangan lainnya.

Foto: Pexels


Rinto Simatupang

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,