Bagikata.com – Insomnia, mungkin banyak orang yang nggak asing dengan kata itu atau bahkan mengalaminya. Insomnia dikatakan sebagai suatu kondisi ketidakmampuan untuk tertidur atau mempertahankan kondisi tidur. Insomnia juga dapat diartikan sebagai kondisi bangun tidur namun tidak merasa segar. Insomnia sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis diukur dari perbedaan durasi, yakni acute insomnia dan chronic insomnia. Acute Insomnia merupakan jenis insomnia yang sering terjadi karena adanya life circumstance, contohnya adalah sulit tidur karena adanya kecemasan dalam menghadapi ujian akhir, excitement akan trip yang sudah ditunggu-tunggu, atau karena sebelumnya menerima kabar buruk juga stres akan deadline di depan mata. Jenis insomnia yang pertama ini tidak membutuhkan treatment khusus karena dianggap sebagai insomnia yang wajar dihadapi seseorang.

photo-1512548438457-4c9584d3766b

Berbeda dengan chronic Insomnia yang dapat terjadi paling sedikit 3 kali dalam seminggu dan terjadi selama kurang lebih 3 bulan. Terjadinya kondisi chronic insomnia dapat disebabkan oleh perubahan lingkungan, kebiasaan tidur yang tidak sehat, hingga begadang karena shift pekerjaan. Hal ini juga dikatakan berhubungan dengan adanya masalah psikis seperti anxiety dan depresi yang tentunya tidak dapat disepelekan. Seseorang yang mengalami chronic insomnia dianjurkan untuk menjalani opsi-opsi treatment khusus untuk membantu mengembalikan pola tidur yang sehat karena jika tidak dikhawatirkan akan berefek pada pembawaan diri juga hubungan dengan orang-orang disekitarnya.

Insomnia membatasi seseorang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal tidur yang berkualitas memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, memperbaiki fungsi imun sehingga tubuh tidak mudah sakit, juga menjaga kulit agar tetap sehat dan bebas dari jerawat. Sebaliknya, seseorang yang memiliki masalah poor sleep berpotensi mengalami resiko obesitas, penyakit jantung dan stroke. Bahkan poor sleep juga menyebabkan hilangnya kemampuan untuk berinteraksi dengan baik secara sosial, pasti pernah kan kurang tidur dan seharian mood cranky?

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya insomnia dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

  1. Utamakan Kenyamanan

Kamar yang yang bersih akan meningkatkan kemungkinan tidur yang nyaman. Jadi coba ganti sprei dan bed cover secara rutin agar tidak banyak debu yang dapat mengganggu kenyamanan saat tidur. Ciptakan juga suasana kamar mendukung untuk tidur nyenyak. Sesuaikan pencahayaan, temperatur udara, dan mungkin dapat menyalakan scented candle untuk memberikan efek relaksasi.

  1. Manfaatkan Aplikasi Pendukung Tidur

Saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang ampuh untuk mengatasi insomnia. Salah satunya adalah aplikasi Pzizz. Aplikasi ini memutarkan rekaman audio dengan frekuensi dan tingkat suara berbeda yang bertujuan memberikan efek relaksasi pada tubuh sehingga menjadi lebih mudah untuk tidur. J.K Rowling adalah salah satu orang yang menggunakan aplikasi Pzizz untuk membantunya tidur. Bagi kalian yang merasa lebih mudah tidur saat mendengarkan suara hujan juga bisa mengunduh aplikasi Rainymood atau buka rainymood.com, jadi musim kemarau bukan lagi masalah karena melalui aplikasi ini bisa menciptakan “hujan” kalian sendiri.

  1. Lakukan Olahraga Singkat

Setelah menjalani hari yang panjang, melakukan exercise ringan sebelum tidur sangat disarankan untuk membantu mempercepat proses dan meningkatkan kualitas tidur. Exercise ini dilakukan untuk melemaskan otot-otot, terutama bagian belakang tubuh. Alternatifnya bisa mengikuti 4 Tricks to Sleep All Night Like a Baby , yang menampilkan beberapa exercise mudah yang dapat dilakukan dalam posisi tidur.

photo-1477904862269-38211eb7c660

  1. Jauhi Smartphone

Pasti ada yang sebelum tidur sibuk scrolling smartphone. Ternyata cahaya yang terpancar dari smartphone mempengaruhi jumlah hormon pengatur tidur yang disebut melatonin sehingga membuat tidak merasa ngantuk. Jadi ada baiknya mematikan smartphone sebelum tidur agar tidak tergiur untuk scrolling Instagram sampai jam 3 pagi.

  1. Niat Untuk Tidur

Semua tips diatas akan sia-sia bila tidak dalam kondisi siap untuk tidur. Sebelum tidur pastikan badan bersih, untuk para perempuan jangan lupa hapus makeup, pakai baju yang nyaman. And you’re ready to sleep!

Semoga tips menghadapi insomnia ini ampuh ya, Kawan BagiKata. Kalian juga bisa berdiskusi tips-tips kesehatan lainnya di sini


Tara Rasasti merupakan salah satu kontributor BagiKata. Sarjana Hubungan Internasional ini gemar menulis karena Ia percaya, kata-kata merupakan salah satu cara nyata untuk mengekspresikan diri. Saat ini Tara bekerja sebagai SEO Content Writer di salah satu e-commerce ternama di Indonesia.

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 22

www.bagikata.com – Dalam jangka waktu satu tahun, salah satu negara yang menjadi kiblat dunia dalam kebudayaan barat berhasil mengganti presiden kulit