BagiKata.com – Kawan BagiKata yang masih kuliah, udah punya rencana masa depan dong ya kira-kira setelah wisuda mau ngapain? Kerja atau cari beasiswa dan lanjut kuliah? Nah, buat kalian yang masih pengen sekolah lagi, sekarang ada banyak banget beasiswa yang siap ngebiayain kamu kuliah sampai jenjang tertinggi, bahkan di kampus-kampus ternama luar negeri sekalipun. Begitu juga dengan kamu yang masih duduk di bangku SMA dan ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, banyak beasiswa yang tersedia untuk membantu membiayai kuliahmu itu.

Memang biasanya, sesudah menyelesaikan kuliah strata satu di negeri sendiri atau setelah lulus SMA melihat banyak teman yang kuliah di luar negeri,  pasti ada keinginan dari kita untuk melanjutkan kuliah di luar negeri juga. Lalu, kira-kira sebenarnya mana ya yang lebih susah, cari beasiswa atau beradaptasi hidup di luar negeri? Yuk, kita kupas satu-satu.

dokumen-beasiswa

Mencari Beasiswa

Seperti yang udah dijelasin di awal, sekarang ini banyak lembaga (negeri dan swasta) yang siap menanggung biaya pendidikan buat kalian yang pengen melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa itu pun banyak ragam dan jenisnya, mulai dari yang full (menanggung semua biaya hidup si penerima beasiswa) atau cuma partial (yang ditanggung hanya uang kuliah aja).  Intinya, kamu hanya perlu rajin membuka website-website di internet yang biasanya menyediakan beasiswa ke luar negeri.

Susah Nggak Sih Cari Beasiswa?

Kalau kalian rajin tanya-tanya atau browsing di internet, ada banyak banget jenis beasiswa yang bisa kalian pilih, lho. Mulai dari beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti Dikti, Beasiswa Pendidikan Indonesia (LPDP), Beasiswa Prestasi, dan lain sebagainya. Ada juga beasiswa luar negeri, seperti Ford Foundation, Australia Awards, Chevening, Erasmus Mundus, dan sebagainya yang biasanya bisa dilihat di website atau datang langsung ke kedutaan besar negara tersebut.

Biasanya sih masing-masing beasiswa memiliki syarat yang berbeda-beda, coba aja dipelajari dengan baik apa yang mereka mau, lalu penuhi kualifikasinya satu persatu. Asal sungguh-sungguh, semua bakal terasa mudah, kok.

culture-shock

Lebih Susah Mana, Cari Beasiswa atau Hidup di Luar Negeri?

Nah, khususnya buat temen-temen yang pengen ngelanjutin studi ke luar, kalian kudu inget kalau hidup di negara orang itu nggak gampang, kamu kudu siap dengan hal-hal berikut:

  • Bahasanya

Hal pertama yang nggak boleh kamu lupain adalah bahasa. Namanya juga hidup di negara orang, kita juga harus pakai atau setidaknya bisa dan mengerti dengan bahasa mereka. Dari mulai kehidupan sehari-hari, ketemu orang di jalan, beli kebutuhan di supermarket, sampai kuliahnya sendiri, semua didominasi menggunakan bahasa asing. Atau yang paling aman, siapkan bahasa Inggris yang bagus. Biasanya, di negara-negara maju dan beberapa negara berkembang, masyarakatnya banyak yang fasih dan mengerti bahasa Inggris. Udah siap sama poin yang satu ini, kan?

  • Jauh dari Keluarga

Beda sama mereka yang kuliah di dalam negeri, mereka yang mutusin buat menempuh pendidikan di negara orang udah pasti harus rela terpisah jauh dari keluarga. Pun karena levelnya udah antarnegara, kamu nggak bakal bisa mudik seenaknya. Jadi bagi yang memang anak rumahan dan terbiasa tinggal di rumah bersama orang tua, berkuliah atau hidup di luar negeri akan lebih terasa sulit.

image

  • Makanannya

Lidahmu yang udah terbiasa dimanjain sama masakan Indonesia yang kaya rasa, pasti bakal dibikin kaget sama kuliner-kuliner asing yang rasanya absurd dan nggak pernah kita bayangkan sebelumnya. Serangga goreng, burger daging tikus, atau makanan-makanan lain di negeri orang yang sebelumnya kamu belum pernah cicipi akan menemuimu. Udah siap sama hal ini, kan?

  • Culture Shock

Beda negara, beda juga budayanya. Nah, ini poin yang kudu kamu pahami betul-betul. Hidup di negara orang artinya kita juga kudu siap dengan macam-macam kebudayaan di sana yang bisa aja berlawanan sama prinsip kita. Perbedaan budaya, agama, hingga norma-norma tertentu akan sangat terasa setelah kamu pergi ke negeri lain. Jadi,  perbedaan-perbedaan tersebut harus bisa kamu hadapi dan atasi dengan baik. Terima aja dan nikmati masa-masa culture shock-mu dengan senang, karena jika kamu sudah terbiasa dan nyaman, biasanya kamu akan lupa untuk pulang ke kampung halaman.

study

Jadi, mana yang lebih susah: cari beasiswa atau adaptasi di luar negeri? Jawabannya, sama-sama susah. Tapi semuanya bakal mudah kok kalau dijalani dengan senang.

 

Foto: Bangsaku, Twitter


Ditulis dan Disunting Oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

BagiKata Telaah #2 : How To Craft Successful Branding

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah acara


BagiKata Telaah #1 : Basic Songwriting & Music Branding for Bedroom Musician

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu