BagiKata.com – Dilema yang biasa dihadapi oleh mereka yang memiliki kulit cenderung berminyak ketika memakai makeup, di antaranya adalah makeupnya tidak bisa tahan lama di kulit dan cepat luntur, atau karena kulitnya cenderung berminyak, jadi lebih gampang iritasi dan berjerawat.

Akhirnya bingung, antara memilih makeup yang coverage-nya lebih heavy supaya bisa tahan lama di wajah tapi resiko iritasi lebih besar (apalagi kulit saya termasuk super sensitive) atau rela bolak balik ke kamar kecil untuk cek “Ini blush on atau foundation sudah luntur belum ya? Perlu touch-up nggak ya?”.

Mau tidak mau, mereka yang sekedar hobi ataupun yang diwajibkan ber-makeup ria setiap harinya harus lebih selektif memilih produk makeup dan perawatan untuk tipe kulit rewel seperti ini. Karena kebetulan saya sempat bekerja – dan masih berkecimpung di bidang serupa yang mewajibkan harus tetap ‘presentable’ walaupun dari pagi sampai malam wara-wiri ketemu orang dan setia bawa daily makeup bag kemana-mana, hal macam ini sudah tidak asing lagi.

Layaknya lukisan yang harus disiapkan kanvasnya, setelah memakai pelembab/moisturizer dan tabir surya, menyiapkan wajah dengan primer cukup krusial supaya nanti alas bedak kamu – baik BB cream, CC cream, ataupun foundation, bisa tahan lebih lama dan tidak langsung meresap dan menyumbat pori-pori yang akhirnya bisa menimbulkan iritasi. Biasanya, selain clear/tidak berwarna, primer juga tersedia dalam berbagai macam warna sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya undertone kulit kamu agak merah, disarankan menggunakan primer dengan undertone hijau.

Setelah primer meresap, kamu bisa mengaplikasikan alas bedak menggunakan applicator pilihan kamu, baik spons, kuas, ataupun jari (pastikan sudah cuci tangan terlebih dahulu ya). Selanjutnya, bisa kamu teruskan dengan riasan wajah lain seperti blush on, bronzer, dan highlighter – sebaiknya dalam bentuk powder, bukan liquid, lagi-lagi supaya tidak gampang luntur.

Untuk riasan mata, sering kali kelopak mata yang berminyak bisa menyebabkan eyeliner kamu smudging/luntur dan eyeshadow kamu crease/retak. Hal ini bisa kamu akali dengan memakai eye primer, yang selain membuat riasan mata kamu lebih tahan lama, warna eyeshadow kamu juga akan lebih pekat.

Kalau dilihat secara garis besar, kunci utama makeup untuk kulit wajah cenderung berminyak memang di base makeup, yakti primer dan foundation/BB cream/CC cream, namun, bila langkah langkah di atas menurut kamu masih kurang cukup, bisa ditambah dengan setting spray. Setting spray yang ditawarkan di pasaran ada macam-macam jenisnya, namun untuk kulit berminyak, disarankan memilih setting spray dengan label ‘matte’.

Kurang lebih step-by-step makeup untuk kulit berminyak tidak jauh berbeda dengan jenis kulit kering maupun normal, namun kunci pemilihan makeup dengan ingredients tertentu yang dapat membantu meminimalisir produksi sebum di wajah. Sejauh ini, saya pribadi hampir tidak pernah memakai setting spray untuk makeup sehari hari karena  saya rasa langkah-langkah di atas sudah cukup mencakup kebutuhan saya.

Untuk acara-acara terentu, barulah setting spray ikut berperan setelah saya membubuhkan HD powder. HD powder ini sendiri fungsinya agar makeup tidak terlihat terlalu tebal atau cakey di foto. Nah, bagi kalian yang memiliki tipe kulit cenderung berminyak, apa step-by-step makeup kalian? Mungkin bisa saling share dan diskusi, hitung-hitung sambil berbagi tips cantik ☺

 


 

Oleh Hanna Theodora

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

BagiKata Telaah #2 : How To Craft Successful Branding

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah acara


BagiKata Telaah #1 : Basic Songwriting & Music Branding for Bedroom Musician

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu