BagiKata.com – Menjaga kebersihan organ intim, terutama untuk perempuan, merupakan hal yang sangat penting diperhatikan, karena dengan memperhatikan kebersihan organ intim, kamu bisa mencegah berbagai kemungkinan penyakit – terutama, penyakit akibat bakteri jahat karena organ intim yang tidak terawat. Namun, banyak perempuan tidak mengetahui cara yang tepat untuk mengetahui kesehatan atau menjaga kebersihan bagian vital ini.

Beberapa cara mendeteksi kesehatan organ intim perempuan sebenarnya cukup sederhana, seperti perhatikan adanya bau yang tidak sedap, gatal dan keputihan yang tidak normal, atau berwarna sangat kuning dan bahkan flek yang tidak normal. Jika hal-hal tersebut kamu alami, ada baiknya untuk segera memeriksakan kesehatan atau berkonsultasi dengan dokter.

wanita

Sebelum timbulnya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan, sebaiknya cegah dengan memperhatikan beberapa cara penting berikut ini, untuk menjaga kesehatan organ intim kamu.

  • Mengganti Pembalut saat Menstruasi

Hal ini sangat penting kamu lakukan, karena darah menstruasi adalah darah kotor yang dikeluarkan pada siklus tertentu. Jika kamu membiarkan darah kotor ini terlalu lama pada bagian organ intim kamu, hal ini meningkatkan terjadinya perkembangbiakan bakteri jahat. Usahakan minimal ganti pembalut kamu setiap 4 jam sekali, dan jika dalam waktu 4 jam pembalut sudah terasa penuh, sebaiknya pun segera ganti pembalut tersebut.

  • Bersihkan Organ Intim dengan benar

Membersihkan organ intim adalah wajib hukumnya, karena ini cara paling dasar untuk menjaga kebersihan organ intim. Pilihlah produk khusus, atau sabun yang tidak mengandung zat kimia keras dan berbahaya serta tidak mengandung parfum. Dan bersihkan organ intim dari depan kebelakang, ingat jangan terbalik ya!

love

  • Ganti dan Gunakan pakaian dalam yang baik

Segera ganti pakaian dalam kamu jika terasa basah atau lembab karena keringat, karena jika kondisi pakaian dalam yang lembab, akan membuat bakteri akan berkembang biak lebih cepat. Selanjutnya, sebaiknya kenakan celana dalam berbahan katun atau serat alami dan tidak terlalu ketat.  Celana yang ketat berbahan sutera atau sintetik akan membuat daerah organ intim berkeringat dan kemudian memicu bau yang tidak sedap.

  • Pangkaslah rambut organ intim

Setiap rambut sebenarnya mempunyai fungsi tertentu, seperti rambut organ intim yang berfungsi melindungi bakteri atau kuman dapat masuk secara langsung kedalam vagina. Namun, kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya, jika terlalu panjang justru akan membuat keringat atau kuman terperangkap. Sebaiknya, cukur rambut di organ intim tersebut namun jangan terlalu dicukur habis serta berhati – hati saat mencukur agar tidak berdarah dan terjadi iritasi.

  • Hindari penggunaan panty liners

Jika tidak terlalu perlu, sebaiknya hindarilah penggunaan panty liners. Penggunaan panty liner membuat vagina tidak bernafas dengan bebas, justru membuat keadaan vagina menjadi lebih lembab. Jika kondisi panty liner yang membuat lembab tersebut kamu biarkan maka akan memicu pertumbuhan mikroba. Jika memang harus menggunakan panty liners, gunakanlah seperlunya seperti setelah menstruasi atau  beberapa hari sebelum menstruasi, jangan gunakan setiap hari.

Langkah-langkah di atas sangat perlu kamu – sebagai perempuan – terapkan dalam merawat organ intim kamu, agar sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan karena organ intim yang tidak bersih dan kenyamananmu terus selalu terjaga.

 


Ditulis dan Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 22

www.bagikata.com – Dalam jangka waktu satu tahun, salah satu negara yang menjadi kiblat dunia dalam kebudayaan barat berhasil mengganti presiden kulit