BagiKata.com – Sekarang  ini, banyak orang gemuk yang ingin kurus, begitu pula sebaliknya. Sebenarnya, pentingkah seseorang menjaga berat badan? Sebelum kamu turut bimbang mencari jawaban, 5 falsafah berat badan berikut ini dapat kamu jadikan pegangan.

  1. Kesehatanmu ‘kan lebih penting

Slogan salah satu obat flu ini juga bisa kamu terapkan untuk urusan berat badan. Sebelum mengambil pusing omongan orang tentang berat badanmu, lihatlah kesehatan tubuhmu saat ini. Dengan berat badan saat ini, adakah gangguan kesehatan yang mengancammu? Jika ancaman kesehatan tersebut memang dipengaruhi oleh berat badanmu, sudah sepatutnya kamu menjalani program untuk mengatur berat badan. Kalau hidup dan kesehatanmu baik-baik saja, mengapa harus ambil pusing? Kamu bisa menjaga berat badanmu seperti sekarang, atau menerapkan gaya hidup yang lebih sehat lagi dan memperoleh berat badan ideal.

cara-mengatasi-obesitas

  1. Apakah berat badanmu begitu mengganggu orang lain?

Seberapa kurus atau gemuk sih postur tubuhmu? Apakah postur seperti itu begitu mengganggu kesejahteraan orang lain? Misalnya, karena saking besarnya ukuran tubuhmu, kamu selalu menghabiskan jatah tempat duduk beberapa orang. Bisa juga sebaliknya, saking kurusnya tubuhmu, angin bisa menerbangkanmu dengan mudah sehinga membuat orangtuamu ketar-ketir. Kalau postur tubuhmu memang benar-benar mengganggu, bisa jadi kamu memang perlu mulai memikirkan berat badanmu. Kalau cuma satu atau dua orang yang terkesan sentimen, sedangkan tidak ada ancaman kesehatan terkait berat badanmu, kamu masih bisa mengabaikannya.

  1. Berat Badan vs gaya hidup berlebihan

Kalau kurus/gemuk badanmu memang kebangetan, cobalah untuk meninjau ulang gaya hidupmu. Mungkin memang gaya hidupmu terlalu irit, sampai-sampai kamu pun pelit memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk badanmu. Bisa juga sebaliknya, kamu terlalu banyak mengudap dan malas berolahraga sehingga badan jadi kelewat subur. Jika memang begitu, penampilanmu bukan hanya akan menuai komentar, tapi juga bisa membahayakan kesehatan. Sebaiknya, mulailah menjalankan gaya hidup yang proporsional untuk memperoleh berat badan yang cukup. Berat badanmu tidak harus ideal, tetapi aman. Adapun jika gaya hidupmu sudah cukup sehat, tetapi badanmu tetap kurus/gemuk, ya mungkin memang begitulah postur tubuh terbaikmu. Nikmati saja! Alih-alih terlau memikirkan berat badan, curahkanlah energimu untuk mengembangkan potensi diri.

gendut

  1. Perhitungkan Asas Manfaat

Sebelum mulai berdiet, perhitungkanlah keuntungan dan kerugian yang akan kamu peroleh. Di antara kelebihan suatu program diet tentu untuk menyehatkan tubuh dan memperoleh postur tubuh yang menawan, kalau berhasil. Adapun perasaan tersiksa, memudarnya rasa percaya diri, dan gaya hidup yang berantakan ketika gagal diet adalah di antara kerugian menjalani program diet. Untuk beberapa kasus, program diet yang gagal tetap dapat memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan seseorang. Kamu sendirilah yang mengetahui kepribadian, ketahanan, serta efek program diet yang akan kamu terapkan pada tubuh. Perhitungkan dengan saksama. Kalau lebih banyak ruginya, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mengikuti program diet tertentu.

  1. Kembali Pada Niatmu

Terakhir dan yang paling penting, tinjau lagi niatmu untuk menjalani program diet. Pastikan bahwa niatmu lurus dan mulia. Jangan sampai, kamu memaksakan diri berdiet hanya untuk tampil cantik di hadapan khalayak. Program diet dibuat untuk menerapkan pola hidup sehat. Bukan untuk bergaya, apalagi untuk menyiksa diri.

berat-badan

Jadi, pentingkah menjaga berat badan ideal?

 


Ditulis dan Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,