BagiKata.com – Hari Senin adalah hari yang umumnya paling diantisipasi oleh mereka yang memulai kegiatan di hari tersebut. Hampir setiap orang pasti pernah merasa kalau hari Senin itu rasanya berat banget? Apalagi saat bangun tidur, kasur menjadi jauh lebih memanjakan pada Senin pagi. Fenomena ini sudah mendunia, bahkan punya nama yaitu Monday Blues. Namun, sebenarnya apa sih Monday Blues ini?

Monday Blues bukan merupakan bentuk sikap negatif terhadap pekerjaan, melainkan sekedar pengurangan kebahagiaan di hari libur. Monday Blues sendiri terjadi karena manusia merasa lebih bahagia ketika ia dapat dengan bebas memilih kegiatannya dibandingkan harus menjalankan sebuah pekerjaan. Pemikiran ini kemudian terbentuk dalam otak dan diasosiasikan dengan hari Senin, hari dimana kegiatan yang mengharuskan kita melakukan aktifitas dimulai. Selain itu, manusia memiliki antisipasi terhadap perubahan, dan hari Senin merupakan perubahan dari kebebasan ke kewajiban. Sehingga tidak heran kalau manusia memiliki perasaan berbeda pada hari Senin dibandingkan dengan hari kerja lainnya.

Nah, tapi hari Senin bisa juga menjadi hari yang paling menyenangkan, dengan melakukan beberapa cara untuk mengatasi Monday Blues:

  1. Siapkan dirimu sejak hari Minggu.Biasanya, hari Minggu adalah hari dimana rasanya hanya ingin bermalas-malasan seharian setelah kegiatan yang melelahkan dari hari Senin hingga Sabtu. Meski hari Minggu identik dengan hari beristirahat, kalian dapat bermalas-malasan di kasur dari pagi hingga siang hari, kemudian mencari kegiatan positif mulai sore hari. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain berolahraga, memasak, atau melakukan hobi (seperti menulis, membaca, dan lain sebagainya). Kegiatan ini bisa membawa semangat di malam hari, sehingga waktu malam hari bisa mempersiapkan mental menghadapi hari Senin. Selain itu, usahakan untuk tidur selama 7-9 jam agar badanmu cukup beristirahat dan lebih berenergi.
  2. Bangun lebih pagiSiapa sih, yang suka tidurnya diganggu? Tapi untuk Senin pagi, perlu waktu extra untuk mempersiapkan diri sebelum beraktifitas. Kegiatan yang dapat dilakukan saat bangun tidur lebih pagi antara lain berolahraga ringan, mempersiapkan sarapan, atau berdandan lebih lama sehingga lebih semangat dalam menjalani hari. Aktifitas dalam menjalani pagi lebih santai karena tidak terburu-buru dan menghindari ketakutan terlambat. Selain itu, tidur yang cukup akan membuat bangun lebih segar di pagi hari, asalkan kamu tidak tergoda untuk menekan snooze button di alarm. Melanjutkan tidur ketika sistem tubuh sudah bekerja hanya membuat lambat proses bangun tidur dan membuat kepala merasa lebih pusing. Jadi sebaiknya langsung bangun ketika alarm berbunyi!
  3. Siapkan baju yang menarikMenurut artikel What Your Clothes Are Telling You, baju yang membuat penampilan terlihat menarik bisa meningkatkan suasana hati, dan suasana hati yang positif dapat membuat lebih produktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Coba siapkan baju yang membuat nyaman atau terlihat menarik, dan kaji ulang penampilan di depan kaca. Niscaya akan merasa lebih semangat dan percaya diri menghadapi Senin!
  4. Masak sarapan sendiriTunggu dulu! Masak disini tidak harus berarti memasak makanan berat yang harus memakai 70% energi pagi hari. Salah satunya bisa mempersiapkan banyak makanan ringan, seperti roti bakar dengan es krim atau telur dadar dengan keju mozarella. Nah, sekarang sudah banyak sekali resep makanan yang simple, kamu bisa cek resep-resep itu disini.
  5. Menarilah!Beberapa penelitian telah menemukan bahwa menari dan mendengarkan musik dapat membuat lebih bahagia. Dalam sebuah studi di Polandia, menari dapat meningkatkan energi, menurunkan tekanan, dan menciptakan suasana hati yang lebih kreatif. Selain itu, mendengarkan musik dapat membuat perasaan terasa lebih senang (apalagi jika berusaha bersenang-senang). Sehingga jika kedua hal tersebut dikombinasikan, bisa membuat suasana hati lebih bahagia untuk mengawali hari Senin.
  6. Persiapkan hal menarik untuk dilakukanHal menarik dapat membantu mengatasi rasa malas bekerja. Jika pekerjaan yang dilakukan adalah hal yang disenangi, maka dalam menjalani aktifitas sehari-hari akan lebih semangat dan produktif. Perkataan ini dapat diaplikasikan dalam kegiatan hari Senin, sehingga dapat membuat lebih semangat dalam menghadapi hari. Sedikit tips, bisa melakukan pekerjaan yang membuahkan hasil langsung dan nyata. Kegiatan ini bisa membuat perasaan merasa lebih baik karena telah melihat hasil karya diri sendiri.

Demikian tips dari agar hari Senin dapat menjadi lebih menyenangkan, semoga kalian merasa lebih bersemangat dan berenergi dalam menjalani hari Senin ya!


Abhyani adalah seorang perempuan yang cinta menulis. Pikirannya penuh dengan filosofi, psikologi, ide, dan makna.

Disunting oleh Tim BagiKata.


YANG TERBARU

BagiKata Telaah #2 : How To Craft Successful Branding

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah acara


BagiKata Telaah #1 : Basic Songwriting & Music Branding for Bedroom Musician

www.bagikata.com – Sudah hampir beberapa bulan ke belakang, BagiKata tidak menyelenggarakan acara. Nah, bulan ini BagiKata akan kembali lagi dengan sebuah


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu