BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal. Namun pada beberapa kasus, variasi tersebut mengarah ke permasalahan yang lebih serius. Seperti halnya denyut nadi dan irama nafas, siklus menstruasi sebagai salah satu ritme tubuh adalah hal yang seharusnya dikenali dan dipahami, agar jika suatu hari terjadi perubahan bisa segera mendapat perhatian.

photo-1484678980398-677e78b8407a

Siklus normal untuk perempuan remaja sejak usia pertama menstruasi sampai dengan usia 20 tahun, lamanya sekitar 21-45 hari, sedangkan untuk perempuan usia lebih dari 20 tahun, lama siklus sekitar 21-35 hari. Siklus sendiri artinya adalah periode waktu dari hari pertama menstruasi sampai ke hari pertama menstruasi di bulan selanjutnya.

Secara klinis, ada siklus yang dikatakan regular dan irregular. Siklus yang reguler atau teratur, yaitu periode menstruasi yang sama dari bulan ke bulan, sedangkan siklus irregular adalah sebaliknya. Tidak semua siklus regular normal, dan tidak semua siklus irregular tidak normal. Ada banyak faktor yang mempengaruhi teratur atau tidaknya suatu siklus. Dari seluruh faktor-faktor tersebut, beberapa diantaranya seringkali dianggap sepele dan kurang mendapat perhatian, seperti:

Usia

Pada tahun-tahun pertama seorang remaja mengalami menstruasi, siklusnya masih belum reguler dari satu bulan ke bulan selanjutnya. Hal ini disebabkan karena hormon-hormon reproduksi masih belum stabil. Sampai umur 20 tahun, siklus tersebut masih bisa irregular.

Berat badan

Standar kita gemuk atau kurus sebenarnya adalah indeks masa tubuh atau IMT, bukan cermin, ukuran baju, atau omongan orang. Seseorang yang kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan akan cenderung mengalami siklus yang irrregular. Hal ini disebabkan karena nutrisi yang didapat tubuh sangat berpengaruh terhadap kestabilan hormon.

Stres

Stres fisik maupun emosional adalah pengaruh yang cukup signifikan dalam pelepasan beberapa hormon penting reproduksi. Efeknya bisa berbeda pada tiap perempuan; ada yang justru siklusnya menjadi lebih cepat, ada juga yang menjadi lebih lama.

Lelah

Mirip seperti kondisi stres, perempuan yang mengalami kelelahan fisik akibat sedang banyak tumpukan tugas atau pekerjaan juga bisa mengalami ketidakteraturan siklus. Stres dan kelelahan menjadi faktor yang saling terkait satu sama lain.

Sekali lagi, tidak teratur bukan berarti tidak normal, teratur bukan berarti normal. Apabila faktor-faktor di atas dialami, maka kemungkinan besar ketidakteraturan itu masih dalam batas normal dan masih mudah diatasi. Tapi apabila faktor di atas tidak dialami, atau dialami sudah lebih dari dua tahun dan disertai keluhan-keluhan lain seperti nyeri perut, durasi menstruasi yang memanjang, atau jumlah darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, maka sebaiknya segera mengunjungi dokter umum atau spesialis obgyn untuk pemeriksaan yang lebih lanjut.

photo-1495197359483-d092478c170a

Tidak perlu khawatir berlebihan jika siklus menstruasi tiba-tiba berantakan, coba cek ulang pola hidup dan keadaan fisik mental dalam beberapa bulan terakhir. Perbanyak makan yang sehat, istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan tentu saja, berbahagia!

Kawan BagiKata juga bisa berdiskusi tentang kesehatan di sini


Rizki Amy Lavita, dokter yang masih bermimpi menjadi astronot ini sedang bertugas di salah satu daerah pelosok Indonesia, dalihnya mengabdi padahal demi kepentingan bisa melihat langit malam yang jernih setiap hari dan menemukan ke-88 rasi bintang. Terlalu sering mendapat pertanyaan para korban Google yang menyebut sakit kepala sebagai gejala kanker menjadikan Amy peduli dengan isu-isu kesehatan yang sebenarnya sederhana tapi mengalami misinterpretasi di lingkungan sekitarnya. Selain jaga malam, tidur panjang dan makan setiap dua jam sekali, Amy juga menulis hal-hal nirfaedah yang diharapkannya berguna melalui blog pribadinya crescenthemums.tumblr.com.

Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,