BagiKata.com – Mencari pekerjaan adalah hal yang gampang-gampang susah. Betapa tidak, meskipun sudah mengantongi ijazah, seseorang belum tentu bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Ada banyak faktor yang menentukan seseorang layak mendapatkan pekerjaan impiannya. Salah satunya adalah keberhasilan dalam proses wawancara. Nah, supaya sukses melewati tes wawancara tesebut, berikut beberapa tips melamar kerja yang bisa Anda praktikkan.

Portofolio yang Meyakinkan

Jika Anda telah memiliki pengalaman bekerja sebelum melamar pekerjaan baru, sepantasnya Anda memasukkan hal itu dalam portofolio Anda. Akan lebih baik jika portofolio tersebut memiliki keterkaitan dengan bidang yang akan Anda lamar ini.

Dengan demikian, Anda dipastikan bukan lagi seorang pemula, tetapi telah mampu mengenali lapangan pekerjaan dengan baik. Tentu saja, ini sebuah nilai lebih yang patut ditonjolkan.

Namun, jika Anda masih berstatus sebagai lulusan baru dan minim pengalaman, jangan pesimis dahulu. Ijazah yang Anda miliki akan menjadi modal awal yang pantas dan bisa digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Penampilan yang Menarik

Pada sebuah sesi wawancara, calon karyawan mestinya menunjukkan penampilan yang meyakinkan dan menarik. Dalam hal ini, menarik tidak berarti harus cantik atau ganteng. Aturan paling umum dan mendasar adalah mengenakan pakaian yang rapi dan formal. Pakaian pria bisa berbentuk kemeja lengan panjang, dasi, dan pantalon. Pakaian wanita bisa berbentuk blus, blazer, dan rok.

Penampilan memang bukan poin satu-satunya yang akan dinilai saat tes wawancara. Namun, penampilan juga sangat berperan penting dalam mempresentasikan diri Anda di hadapan pewawancara. Selain itu, penampilan yang maksimal juga akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Gestur yang Tepat

Tips melamar kerja selanjutnya adalah belajar mengatur gestur saat berbicara dengan orang lain. Selain soal pakaian dan penampilan, gestur yang baik adalah hal yang penting diperhatikan. Banyak orang tidak menyadari jika gestur yang salah bisa mengakibatkan kerugian pada mereka, khususnya saat berhadapan dengan sesuatu yang penting.

Gestur pada umumnya terbentuk oleh kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Mengubahnya dalam sekejap memang tidak mungkin. Namun, kita bisa mengakalinya dengan belajar mengingat hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. Contoh sederhana, saat hendak batuk, Anda diharapkan untuk tidak menghadapkan wajah kepada orang lain.

Kaya Pengetahuan dan Informasi

Bukan tidak mungkin, pewawancara akan menanyakan hal-hal berbagai informasi terkini terkait bidang pekerjaan yang akan Anda lamar. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda menambah wawasan dan pengetahuan agar layak menjadi kandidat terpilih.

Ada banyak cara untuk menambah wawasan, antara lain dengan membaca buku, menonton siaran berita, hingga berdiskusi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Pengetahuan ini pun akan bermanfaat saat kita sudah mulai bekerja.

Demikian beberapa tips melamar kerja yang bisa Anda praktikkan, khususnya dalam menghadapi tes wawancara. Silakan lakukan konsultasi lebih jauh soal pengalaman mencari pekerjaan dengan kontributor BagiKata lewat layanan 1-on-1 chat kami di sini, agar kamu lebih percaya diri dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan.

Foto: Pexels, Stocksnap


Rinto Simatupang

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal : Feminis Berkelas

BagiKata.com – Feminist Fest Indonesia, acara yang akan diselenggarakan oleh Jakarta Feminist pada 23-24 November 2019, sempat viral di media sosial


Perempuan dalam Industri Teknologi

BagiKata.com – Dalam era globalisasi, peran dan posisi perempuan dalam dunia kerja semakin meningkat signifikansinya, tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia


Sebuah Surat Untuk Kandidat

Teruntuk para kandidat yang telah berhasil membuat kami terkesan dan dipenuhi harapan namun terpaksa kalah oleh ia yang lebih cuan;