BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya, kejadian tidak menyenangkan membuat kita lebih mengingat episode buruk ketimbang kebahagiaan yang kita alami.

Tentu kalian pernah merasakan betapa sialnya kalian di suatu hari. Padahal jika kalian ingat nikmat apa yang kalian rasakan, mencoba tersenyum pastilah tidak seburuk itu. Mungkin ketika membaca ini kalian mengerinyitkan dahi dan berpikir, “mana bisa?” Faktanya tersenyum sambil bersyukur akan membuat otak menstimulus perasaan positif. Sebab, dengan bersyukur menstimulasi bagian di otak kita yang meregulasi stres (hipotalamus) dan bagian otak yang memproses perasaan senang (ventral tegmentum) (Zahn, dkk, 2009)

photo-1503610594381-aed30c818b8e

Kalian bisa mencoba dengan menuliskan hal yang kalian syukuri per harinya pada notes ataupun update di Instagram (biar menginspirasi dan mengingatkan kawan lainnya untuk bersyukur!). Tuliskan hal-hal kecil seperti “udah macet, eh, pas dateng dosen gaada, tapi jadi punya waktu untuk ngobrol bareng temen”, “ hari ini abang ojeknya baik, lengkap masker dan tutup kepalanya” atau sangat sederhana seperti “masih bisa bernapas dengan bebas”. Lakukan hal tersebut dengan rutin dan sebaiknya ketika menutup hari atau ketika ingin tidur yaa!

photo-1510194638421-92f54ce46444

Selain bersyukur tentang hal yang dialami diri sendiri ada lagi nih, kawan BagiKata hal yang bisa membuat bahagia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Seligman, (dalam Simon, 2011) menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain merupakan cara membuat diri sendiri bahagia, terutama melalui tulisan. Terakhir, coba lihatlah hal negatif yang dilalui menjadi suatu hal positif. Tentunya, hal ini akan membantu kalian untuk menjalani hidup lebih baik.

Mudah kan caranya? Yuk kawan BagiKata mulai bersyukur dengan berkat kecil yang diterima setiap harinya!

Yuk bagikan dan ceritakan ungkapan rasa syukurmu ke BagiKata di sini


Farah Marintan Maharani merupakan salah satu kontributor BagiKata. Saat ini Farah sedang menempuh pendidikan Psikologi Industri dan Organisasi, namun juga tertarik pada bidang positive psychology, neuropsychology, mental health, serta consumer behavior. Walaupun sebagian besar pengalaman organisasi dan relawan berkecimpung di dunia marketing. Disela kesehariannya, ia gemar untuk menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan yang lebih sering dibiarkan menjadi draft semata.

Referensi:

Simon, H. B (2011). Giving thanks can make you happier. Harvard Health Publication

Zahn, dkk (2009). The neural basis of human social values: Evidence from functional MRI. Journal of

Celebral Cortex. Diakses pada 9 November 2017 melalui  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2733324/

Disunting oleh tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal : Feminis Berkelas

BagiKata.com – Feminist Fest Indonesia, acara yang akan diselenggarakan oleh Jakarta Feminist pada 23-24 November 2019, sempat viral di media sosial


Perempuan dalam Industri Teknologi

BagiKata.com – Dalam era globalisasi, peran dan posisi perempuan dalam dunia kerja semakin meningkat signifikansinya, tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia


Sebuah Surat Untuk Kandidat

Teruntuk para kandidat yang telah berhasil membuat kami terkesan dan dipenuhi harapan namun terpaksa kalah oleh ia yang lebih cuan;