Video tutorial makeup yang kian menjamur kini telah menghasilkan beraneka ragam video yang serupa namun tak sama; makeup sehari-hari untuk pemula sampai makeup SFX yang memerlukan keterampilan yang tinggi, review produk-produk kosmetik terbaru, makeup hacks, dan kosmetik buatan sendiri atau yang biasa disebut Do-It-Yourself (DIY). Kali ini, saya mau membahas makeup hacks dan kosmetik DIY.

Makeup hacks bertujuan untuk memudahkan pengaplikasian makeup yang konon susah, mahal, dan memakan waktu. Tapi, apakah semua makeup hacks yang viral benar-benar memudahkan kita?

Sebagai seorang penata rias, saya sudah melihat banyak sekali makeup hacks beberapa tahun belakangan ini. Saya sudah mencoba beberapa dan ternyata mereka memang efektif. Tapi, banyak juga yang menimbulkan pertanyaan di kepala saya, bahkan membuat saya kesal.

Pengaplikasian makeup menggunakan selotip, pisau, sendok, garpu, penggaris, jangka sorong, silikon bra, telur rebus, terong, bohlam, iPhone, bahkan kondom. Kalau kamu nggak percaya, cek saja di YouTube. Saya nggak akan kaget lagi kalau sampai ada yang pakai dildo untuk mengaplikasikan makeup.

Selain itu, produk peeling mask juga sedang nge-trend. Karena banyak yang berpikir produknya mahal, mereka memilih untuk membuat sendiri. Bahan-bahan yang mereka gunakan bikin saya garuk-garuk muka sendiri. Bayangkan saja, masker DIY ini bisa kalian buat dari lem (iya, lem untuk kerajinan tangan), soda kue, dan bahan-bahan lain yang entah aman untuk kulit atau nggak.

Semua hacks dan DIYs yang unik ini, justru membuat makeup lebih sulit dari yang seharusnya. Kita bisa manfaatkan barang yang ada. Mau bikin garis contour yang lurus? Pakai tangkai kuas.

Nggak perlu bawa-bawa sendok, pisau, dan garpu, jangka sorong, atau selotip yang justru bisa melukai wajah kalian. Mau pakai foundation tapi nggak punya kuas atau spons? Pakai jari. Telur dan terong lebih baik dimasak ala sambal balado, dan tentunya saya nggak perlu bilang kondom lebih baik dipakai untuk apa. Untuk skin care, sebaiknya kalian beli produknya langsung. Kalau bisa, konsultasikan dahulu ke dokter terpercaya.

Tanpa bermaksud untuk menyebarkan kebencian kepada beauty vloggers yang melakukan hal-hal di atas, saya hanya ingin menyampaikan pendapat, bahwa kalian bisa dandan untuk lebih cantik dengan cara yang lebih aman dan tentunya nggak seribet itu. Perbanyak belajar dan latihan. Tapi, kalau kalian mau coba beauty hacks yang saya sebutkan di atas, nggak ada yang melarang. Yang penting, kalian bahagia.

Ngomong-ngomong, kok belum ada beauty vlogger yang pakai Unicorn Frappuccino sprinkles untuk dijadikan eyeshadow, sih?


YANG TERBARU

Ingin Mendonasikan Barang Yang Sudah Tak Terpakai? Kesini Saja!

BagiKata.com – Belum sempat nonton Tidying Up with Marie Kondo di Netflix? Bila kamu sedang menantikan perubahan positif dalam hidupmu, series Netflix


Laki-Laki Dalam Feminisme

BagiKata.com – Sedari dulu kita sudah terbiasa dengan anggapan, asumsi, atau peraturan kasat mata yang membedakan perempuan dan laki-laki. Perbedaan tersebut


Kamu Sudah Sampai Di Mana, Kesetaraan Gender?

www.bagikata.com – Kalau bicara tentang feminisme, sebenarnya peraturan dan hukum yang berlaku di negara demokrasi ini sudah menyetarakan hak laki-laki dan