BagiKata.com – Punya kulit wajah bersih dan mulus memang idaman semua orang, terutama wanita. Ketimbang merawat, terkadang kita lebih memilih untuk menutupi “kekurangan” wajah kita dengan make up. Bukan melarang penggunaan make-up , tapi merawat wajah harus seimbang loh dengan penggunaan make-up. Ngga mau kan kalau muncul masalah kulit wajah?

Kali ini salah satu kontributor kesehatan dan kecantikan BagiKata, dr. Anissa Feby akan berbagi sedikit tentang skincare routine secara umum beserta urutan pemakaiannya yang menurutnya penting banget. Pembagiannya adalah skincare pagi dan malam serta opsional ya Kawan BagiKata!

Pagi:

  • Sunblock: Siapa bilang cuma badan yang perlu sunblock? Wajah yang sering terpapar juga perlu sunblock. Pilihlah yang kadar SPFnya sedang, 30-50 sudah cukup kok. Pakai minimal 30 menit sebelum memakai make-up ya!

Pagi dan malam:

  • Cleanser: Ada berbagai macam jenis cleanser mulai dari milk cleanser hingga oil cleanser. Tentu gunanya adalah mengangkat kotoran di wajah (terutama untuk kalian yang menggunakan make up). Apakah cleanser sama dengan facial wash?  Tentu beda! Tapi kalian bisa pakai keduanya. Bedanya, cleanser itu lebih hydrating dan moisturizing daripada facial wash. Terus cleanser juga tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), irritant yg sering ada di produk  pembersih lainnya
  • Hydrating toner: Selain menyegarkan, toner juga membantu mengangkat kotoran yang masih tersisa. Pakai toner bikin kulit kering? Hal ini bisa terjadi kalau kalian memilih toner dengan tingkat alkohol yang tinggi, maka penting untuk memperhatikan komposisi produk sebelum membeli.
  • Serum: Seperti tubuh, wajah kita juga memerlukan vitamin penguat. Serum membantu regenerasi kulit dan membuat wajah cerah. Jangan lupa beri jarak pemakaian serum sebelum skincare lainnya; lima menit adalah jarak waktu yang cukup pas.
  • Moisturiser: Moisturiser nggak kalah penting loh untuk menjaga kulit tetap lembap. Tapi kulitku kan berminyak? Nanti malah jerawatan. Eits, tetap pakai dong. Karena berminyak belum tentu lembap. Penggunaan moisturiser akan tetap bermanfaat pada kulit berminyak, karena dapat menjaga dan meningkatkan konten air pada kulit.
  • Eye cream: Ingin mata terlihat lebih segar? Jangan malas pakai eye cream. Dengan rutin memakai eye cream tiap malam bakal membantu menjaga kelembapan mata. Tentunya juga harus dibarengi tidur yang cukup.

 

Mingguan (opsional):

  • Exfoliant: Berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati, exfoliant memiliki beberapa campuran – ada yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), poly hydroxy acid (PHA), dan masih ada lagi. Kenali tiap-tiap komposisinya supaya tidak terjadi reaksi alergi pada kulitmu. Perlu diketahui juga bahwa penumpukan sel kulit mati dapat membuat wajah terlihat kusam, sehingga eksfoliasi sangatlah penting. Pemakaian rutin dari exfoliant bisa membuat wajahmu kinclong!

Pro-tips:

  • Selain skincare, minum banyak air putih dan konsumsi sayur serta buah akan mempengaruhi kesehatan kulitmu. Jadi jangan lupa perhatikan hal tersebut.
  • Mengonsumsi vitamic C sejumlah 1000-3000mg sehari juga bisa mencerahkan kulit.
  • Cuci muka dengan facial wash dua kali sehari saja sudah cukup. Terlalu sering mencuci muka dengan facial wash malah akan menyebabkan dehidrasi pada kulit.
  • Micellar water bisa digunakan sebagai pembersih wajah, makeup remover, dan moisturizer all-in-one. Bisa dibilang kalau micellar water pembersih make up ringan.
  • Hindari membersihkan wajah dengan menggosok secara keras, cukup dengan gerakan halus, memijat muka secara perlahan.
  • Hindari gonta-ganti skincare hanya karena belum terlihat hasilnya – rata-rata skincare membutuhkan pemakaian yang rutin dalam waktu empat minggu untuk hasil yang nyata.

Semoga kawan BagiKata nggak bingung lagi ya dalam memilih skincare apa saja yang wajib punya. Kalaupun masih ada pertanyaan, yuk silakan chat BagiKata di LINE@!


Artikel ini ditulis oleh salah satu tim Marketing BagiKata, Farah Marintan, dengan dr. Anissa Feby sebagai narasumber.

Disunting oleh tim BagiKata.


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,