BagiKata.com – Di saat semua orang di sekitarmu sibuk menjalin tali asmara, ada kamu. Sendirian di tengah-tengah para pasangan, terbelenggu oleh kutukan Zeus. Kalau seorang filsuf hebat seperti Plato saja percaya bahwa manusia ditakdirkan untuk hidup berpasang-pasangan, status lajang bisa terasa seperti neraka. Tapi apakah harus selalu seperti itu? Haruskah kita, sebagai bagian dari generasi milenial hidup meratapi nasib, menunggu datangnya jodoh? Tidak bisakah kita, di era globalisasi dimana hampir semua hal hanya sejauh satu klik, memanfaatkan waktu yang kita punya?

  • Belajar bahasa baru

Tokoh rubah di novel The Little Prince berkata bahwa kata-kata adalah sumber dari kesalahpahaman, namun kamu bisa membuktikan yang sebaliknya dengan menambah kemampuan berbahasa kamu. Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu, coba menulis dalam aksara Mandarin, atau bahkan coba sesuatu yang lebih menantang seperti bahasa Latin atau Russia. Jaman sekarang memang sudah ada hal-hal seperti Google Translate atau Alfalink yang bisa menjembatani perbedaan antara bahasa. Tapi masa iya, manusia kalah dengan mesin?

  • Perkaya ilmu kamu

Baca buku-buku baru. Kamu menjumpai sesuatu yang baru saat menonton film atau membaca artikel? Google, cari tahu lebih dalam. Buka wawasanmu, tambah rasa ingin tahumu. Internet bisa digunakan untuk hal-hal yang jauh lebih bermanfaat dari pada sekedar Instagram dan Facebook lho. Bingung mau mulai dari mana? Coursera menyediakan kelas-kelas gratis, bervariasi dari kelas filsafat hingga ilmu alam yang diajar oleh para dosen dari universitas top di dunia. Curious.com dan Highbrow juga bisa menjadi opsi kamu yang lain bila kamu tertarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara logika dan kreatif dengan cara bermain mini games online.

  • Tambah survivor skills kamu

Keterampilan yang berguna, yang kamu akan butuhkan untuk survive sehari-hari. Piramida kebutuhannya Maslow menaruh kebutuhan fisiologikal sebagai yang pertama; fondasi dasar sebelum kamu bisa memenuhi kepentingan yang lainnya. Didalamnya termasuk kebutuhan pangan. Belum bisa masak? Disaat yang lain nge-date, kamu bisa isi waktu dengan belajar memasak. Allrecipes.com punya banyak resep rumahan yang bisa kamu coba.

Bisa masak iya, kemampuan berbahasa Inggris kamupun ikut terasah. Hal lain yang bisa kamu coba adalah belajar berkebun, atau bahkan menjahit. Journal of Environment Psychology melaporkan hasil percobaan mereka, yaitu bahwa orang-orang yang sering berada di taman mengalami penurunan tekanan darah dan perubahan suasana hati yang lebih positif dibanding orang-orang yang ada di lingkungan urban.

  • Kumpul-kumpul keluarga

Seringkali kita lupa bahwa saat kita beranjak dewasa, orang tua kita juga tidak bertambah muda. Klise, tapi kenyataannya memang begitu. Kapan terakhir kali kamu malam mingguan dengan keluarga? Main Monopoly sekeluarga, jalan-jalan sore dengan Ayah, nggak kalah seru dengan pacaran. Atau sesimple berbelanja ke pasar tradisional dengan Ibu. Waktu berkualitasnya ada, perekonomian lokal juga ikut terbantu. Perkuat hubungan yang kamu punya, sebelum kamu menjalin yang baru dengan siapapun teman hidup kamu nantinya.

Hal-hal di atas hanya sedikit contoh dari sekian banyak hal yang bisa kamu lakukan disaat yang lain pergi ke bioskop berdua, foto-foto untuk jadi Instagram #relationshipgoals, apapun. Hanya karena kamu sendiri, bukan berarti kamu tidak bisa mensyukuri hari-hari yang telah dipercayakan kepadamu.


Tulisan ini dibuat oleh Abigail Megan, salah satu anggota tim internal BagiKata.

Disunting oleh Tim BagiKata


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,