BagiKata.com – Setelah (atau untuk sebagian orang, sambil) bergelut dengan dunia perkuliahan, mayoritas orang pasti dihadapi dengan tantangan lain yang cukup besar; mencari pekerjaan. Ini merupakan salah satu langkah terbesar dalam hidup kita dan sayangnya tidak banyak institusi yang mempersiapkan kita terhadap pencarian kerja. Selain itu, pencarian kerja juga semakin sulit terutama di Indonesia. Maka dari itu, sangat penting bagi kalian yang baru saja akan memasuki dunia kerja untuk mengetahui cara melamar kerja yang benar.

  1. Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau biasa disebut CV merupakan komponen utama dalam melamar kerja. Sebelum mengirimkan aplikasi/lamaran kalian, pastikan bahwa kalian sudah menyiapkan CV.

Lantas, apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah CV?

  • Data diri kalian; termasuk nama lengkap, tanggal lahir, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi, serta alamat e-mail yang terlihat profesional, mudah dieja dan aktif (contoh; jangan mencantumkan e-mail seperti catzL0pher_12@rocket.com)
  • Riwayat pendidikan; masukan riwayat pendidikan kalian yang terbaru saja. Misal kalau kalian baru lulus kuliah, cukup cantumkan dari kuliah saja. Atau jika kalian masih kuliah dan ingin melamar untuk magang, tuliskan dari SMA hingga kuliah. Pastikan informasi yang kalian berikan lengkap dengan tahun dan jurusan jika ada.
  • Riwayat kerja informal; jika kalian sering mengikuti kepanitiaan atau organisasi di luar kampus saat kuliah, kalian bisa masukan nama kegiatan/ organisasi serta posisi kalian pada organisasi tersebut. Sama halnya dengan pendidikan, cantumkan dari yang terbaru hingga yang paling lama.
  • Riwayat kerja formal; jika kalian memiliki pengalaman sebelumnya dalam bekerja freelance, magang, atau berbayar lainnya yang sekiranya relevan dengan pencarian kerja kalian, silahkan cantumkan di bagian ini. Sama seperti dua poin sebelumnya, pastikan diurutkan dari yang terbaru hingga terlama.
  1. Cover Letter

Cover letter adalah sebuah surat pengantar untuk mempermudah perusahaan yang kalian tuju dalam mengenal diri kalian dengan singkat dan mengetahui motivasi kalian dalam melamar kepada perusahaan tersebut. Pada bagian ini, kalian bisa menceritakan secara singkat, maksimal 2 – 3 paragraf, siapa diri kalian dan apa yang bisa kalian kontribusikan kepada perusahaan yang kalian tuju. Jika kalian melamar via e-mail, pastikan bahwa cover letter ini langsung dituliskan pada body e-mail kalian.

  1. Kelengkapan lainnya

Pastikan kalian selalu mencari informasi terlebih dahulu mengenai perusahan yang dituju. Bisa dilakukan melalui pencarian Google, atau bisa juga melalui bertanya kepada teman-teman atau alumni yang sekiranya memiliki koneksi kepada perusahaan yang kalian ingin lamar. Hal ini dapat berpengaruh saat kalian mengirimkan lamaran mereka, misal jika ada format tertentu yang harus kalian ikuti, atau formulir tambahan yang harus kalian isi, sehingga kalian sudah siap sejak awal dan menciptakan kesan yang baik.

Jika kalian sudah menyiapkan semua poin di atas dengan sebenar-benarnya, minimal kalian masuk kepada konsiderasi sang perekrut. Penting bagi kalian untuk menunjukan perhatian terhadap detil kecil apapun saat melamar pekerjaan, walaupun dari media virtual sekalipun. Dengan persiapan yang matang, semakin banyak kemungkinan yang bisa dicapai — semua berawal dari kesan pertama yang terbaik.


Artikel ini pertama kali muncul di linimasa LINE BagiKata oleh Farah Marintan dan kemudian ditulis ulang oleh Sismita Sasmita.

Disunting oleh tim BagiKata.


YANG TERBARU

Warga Lokal – Bunuh Diri: Tak Pandang Bulu

BagiKata.com – Beberapa tahun lalu, saya mendapat pesan singkat dari teman dekat saya. Bahwa dirinya ingin bercerita. Tumben, pikir saya. Kondisi kami


Serba-Serbi Menstruasi

BagiKata.com – Siklus menstruasi merupakan siklus yang dinamis. Setiap perempuan bisa mengalami siklus yang berbeda dengan perempuan lainnya. Variasi ini biasanya normal.


Warga Lokal – Hidup Lebih Positif dengan Rutin Bersyukur

BagiKata.com – Hidup positif (baca: bahagia) itu tidaklah sulit. Terkadang hal-hal kecil yang tidak kita sadari membuat kita bahagia loh. Sayangnya,