BagiKata.com – Sadar nggak ya orang Indonesia kalau ternyata Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar nomor 2 di dunia pada tahun 2016? Menurut WWF, Indonesia berkontribusi 45% sebagai paru-paru dunia tetapi masyarakatnya saja belum sadar akan kelestarian lingkungan.

Bea Johnson ibu dari 2 anak serta pemenang dari The Green Awards di Amerika Serikat berhasil menjalankan keseharian rumah tangga dengan menjalani cara hidup Zero Waste Lifestyle tanpa masalah. Apa sih Zero Waste Lifestyle itu? Sudah saatnya kita memikirkan langkah-langkah kecil yang dapat membawa perubahan besar untuk generasi selanjutnya.

Sampah Lauren Singer selama empat tahun

Sampah Lauren Singer selama setahun

Zero Waste Lifestyle adalah cara hidup seseorang dimana ia sebisa mungkin akan berusaha untuk tidak mengasilkan sampah terutama plastik yang tidak dapat di daur ulang. Selain Bea Johnson, contoh yang lebih relevan adalah Lauren Singer. Ia telah menjalani kehidupan Zero Waste Lifestyle selama 4 tahun dan baru menghasilkan sampah plastik sebanyak satu Mason jar ukuran 480 ml. Selama beberapa tahun pertama menjalani cara hidup ini pun Lauren Singer masih dalam masa perkuliahannya sebagai mahasiswi Environmental Studies and Politics di New York University (NYU). Bukti nyata bahwa mahasiswa juga bisa menjalani Zero Waste Lifestyle. Ia telah menjelaskan cara hidupnya di salah satu sesi TEDxTeen Talks dan menginspirasi banyak orang.

Cara hidup ini sangatlah menarik. Saya sendiri ingin mencoba mengikuti Zero Waste Movement seperti kebanyakan orang yang sudah memulai cara hidup ini di Amerika Serikat, tapi ternyata hal ini tidak semudah yang saya bayangkan terutama untuk dilakukan di Indonesia. Saat ini, sayangnya kebanyakan makanan dan produk-produk keseharian lainnya di Indonesia masih dibungkus menggunakan plastik.

Ini dia beberapa langkah mudah untuk mengikuti Zero Waste Movement yang masih memungkinkan dan nggak merepotkan untuk dilakukan di Indonesia:

1) Gunakan botol minum stainless steel beserta sedotannya
Dengan menggunakan botol minum isi ulang, banyak banget plastik yang sudah bisa kalian kurangi. Sedotan stainless steel juga sudah banyak dijual dengan harga terjangkau.

2) Beli baju secondhand atau thrift shop
Saat ini trend berbelanja baju bekas atau baju yang dapat diklasifikasikan sebagai baju vintage sedang kembali dilakukan oleh banyak anak muda di berbagai kalangan.

3) Bawa cutlery anda sendiri
Selain lebih higienis, membawa peralatan makan sendiri dapat mengurangi penggunaan alat makan plastik yang biasanya disediakan oleh di restoran-restoran cepat saji.

4) Manfaatkan gadget-mu
Di zaman serba digital seperti sekarang ini, sudah nggak susah lagi buat kita menghemat produksi kertas. Saat ini kita bisa menyimpan berbagai hal di gadget kita mulai dari daftar belanjaan, rangkuman pelajaran hingga dokumen-dokumen penting.

Mudah kan? Dengan empat cara itu saja, kalian sudah bisa berpartisipasi mengurangi sampah-sampah yang berkeliaran di lingkungan sekitar. Zero Waste Lifestyle mungkin masih terlalu ekstrim untuk dilakukan di Indonesia melihat fasilitas sekitar yang belum mendukung. Jadi, mulailah dengan langkah-langkah kecil terlebih dahulu.


Zena Aqilla adalah mahasiswi Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan dalam dunia musik, khususnya bernyanyi dan bermain ukulele. Saat ini Zena menyalurkan ketertarikannya melewati akun YouTube yang sudah ditekuni selama kurang lebih 2 tahun. Selain bermusik, Zena juga suka menonton film dan memasak.

Disunting oleh tim BagiKata.


YANG TERBARU

Ulasan : Marvel’s Avengers: Infinity War

BagiKata.com – EPIC. Hentikan apapun yang kalian lakukan dan pergi ke bioskop terdekat di sekitar kalian. Ada 1 post-credit scene yang


Overlooked Movies 2017

www.bagikata.com – Bagi kalian yang gemar nonton film ke bioskop, pasti tahu bahwa banyak sekali judul film bagus dan telah ditunggu-tunggu


Hindia’s Year In Music 2017 : Rank 21

www.bagikata.com – Jejak misoginis dapat ditemukan di mana-mana, begitu pula dalam musik—baik di industrinya maupun dalam trope dan tradisi berbagai genre.